Selama Libur Lebaran, Peredaran Uang Tunai Mencapai Rp 163 Triliun

Selama Libur Lebaran, Peredaran Uang Tunai Mencapai Rp 163 Triliun

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebut realisasi peredaran uang mencapai 98% dari target, selama libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, bank sentral menyediakan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran mencapai Rp 167 triliun dan terealisasi 98% ini artinya mencapai Rp 163,6 triliun.

"Selama Lebaran mencapai 98% dari target kami Rp 167 triliun itu betul- betul sejalan dengan rencana BI untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat," kata Agus di Gedung BI, seperti dilansir detikFinance, Senin (3/7/2017).

Dia mengungkapkan, peredaran rupiah juga sudah sudah sampai ke pelosok-pelosok atau daerah terpencil. "Itu yang BI lakukan bersama dengan mitra seperti bank," imbuh dia.

Tahun lalu BI menyediakan pasokan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran sebesar Rp 146 triliun. Menurut Agus jumlah kebutuhan uang tunai memang terus meningkat.

Apalagi tahun ini, hari libur Lebaran lebih banyak dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Jadi menurut dia wajar jika, kebutuhan uang tunai lebih banyak.

Dalam 10 tahun terakhir BI menyebut jumlah peredaran uang terus meningkat. Tahun ini pula, usai Lebaran akan adanya tahun ajaran baru sehingga kebutuhan uang lebih banyak.

#Bank Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index