Tumpahan Palm Stearin Kreasi Jaya, DLH Dumai Layangkan Surat Teguran

Tumpahan Palm Stearin Kreasi Jaya, DLH Dumai Layangkan Surat Teguran

DUMAI (WR) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, mengeluarkan surat teguran untuk PT Kreasi Jaya Adhikarya terkait insiden tumpahan palm stearin ke perairan saat transfer ke atas kapal tangker MT Neelambari pada Senin (17/7/2017) lalu.

Pelaksana tugas Kepala DLH Dumai Satrio Wibowo mengatakan teguran untuk perusahaan tersebut bertujuan agar lebih waspada saat proses loading minyak dan mengantisipasi supaya tidak terulang lagi tumpahan tersebut.

"Sudah kita layangkan surat teguran kepada perusahaan agar kejadian tumpahan ini tidak terulang lagi," kata Satrio di Dumai, Selasa (25/7/2017).

Disebutkan, DLH Dumai juga masih menunggu hasil uji sampel tumpahan palm stearin dari penguji laboratorium swasta untuk melihat apakah perairan tercemar atau tidak.

Pemerintah juga akan mempelajari sistem kerjasama dua pihak, antara PT Pelindo I Cabang Dumai sebagai pemilik kawasan dengan perusahaan beroperasi diatas lahan sekitar pelabuhan.

"Seperti apa kerjasama mereka akan kita pelajari agar kejadian ini bisa diantisipasi dan untuk melihat bagaimana komitmen menjaga lingkungan tidak tercemar," sebutnya.

Salah satu yang akan dipelajari DLH Dumai yaitu kewajiban aktivitas transfer minyak menggunakan oil bomb atau fasilitas pengaman perairan untuk antisipasi ketika ada tumpahan tidak meluas.

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan di lapangan, diketahui bahwa fasilitas transfer minyak PT KJA dinilai cukup baik, dan terjadi insiden karena ada kerusakan pada penghubung pipa.

Dia mengimbau agar perusahaan beraktivitas di areal perairan untuk mengantisipasi insiden sama dan melengkapi fasilitas operasional sesuai standar ditentukan.

Sebelumnya, Humas PT KJA Yossi Kartika menjelaskan, kebocoran minyak jenis stearin akibat penghubung pipa rusak setelah beberapa jam proses transfer dari tangki pabrik ke kapal untuk dibawa ke Korea Selatan.

"Sebelumnya dipastikan semua peralatan transfer minyak dalam kondisi baik, dan tanpa diketahui stearin merembes bocor dari penghubung pipa (paking, red)," kata Yossi kepada pers belum lama.

Atas insiden ini, perusahaan untuk kedepan akan lebih waspada dan menjadi bahan evaluasi agar kejadian sama tidak terulang agar tidak terjadi pencemaran di lingkungan perairan.

Managemen Kreasi Jaya juga masih menunggu hasil penyelidikan dari instansi berwenang, dan minyak tumpah ke perairan ditaksir sekitar 1 ton. (ra)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index