• Follow Us On : 

Pembangunan Ruas Jalan Tembilahan - Kuala Saka, Bupati Wardan: Akses Transportasi Menuju Kedua Wilayah Akan Lebih Mudah


Dedek Pratama | Minggu,09 Juli 2017 - 12:47:46 WIB
Dibaca: 378 kali 
Pembangunan Ruas Jalan Tembilahan - Kuala Saka, Bupati Wardan: Akses Transportasi Menuju Kedua Wilayah Akan Lebih Mudah

 

Tembilahan - Seakan tiada berhenti, perwujudan komitmen pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) kembali diperlihatkan. Kini, giliran ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka yang dalam proses pengerjaan.

Menurut Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, pembangunan ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka akan dilaksanakan dalam bentuk rigid dan penimbunan. Bupati melanjutkan, pembangunan ruas jalan ini, bertujuan untuk memudahkan akses transportasi antar kedua wilayah tersebut. 

"Selama ini, masyarakat dari masing - maaing wilayah tersebut, khususnya masyarakat dari daerah Kuala Saka mengalami kesulitan untuk mengakses Ibu Kota Kabupaten Inhil, Tembilahan. Begitu juga sebaliknya oleh masyarakat Tembilahan yang hendak menuju ke Kuala Saka. Dengan adanya pembangunan ini, maka akses transportasi menuju kedua wilayah tersebut akan jauh lebih mudah dan terbuka," jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Wardan mengatakan, alokasi dana pembangunan ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka secara keseluruhan adalah senilai Rp. 13 Milyar yang digelontorkan melalui dana APBD Tingkat I (Satu) Provinsi Riau.

"Dengan dana yang dialokasikan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat positif. Dan bagi pihak rekanan, diminta agar dapat bekerja secara profesional dan menyelesaikan pekerjaan secara sempurna," imbau Bupati Wardan.

Menurut penuturan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Inhil, Illiyanto, pekerjaan pembangunan ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka ini baru saja dimulai. Progress pembangunan pun per Juni 2017 diperkirakan baru mencapai 32 persen.

"Ruas jalan ini, titik 0 Kilometernya dari Jalan Baharuddin Yusuf, di Simpang Jalan M. Boya, Sungai Beringin, kemudian melewati daerah Sungai Empat, Kecamatan Gaung dan berakhir di Kuala Saka," ungkap Illiyanto, melalui keterangan tertulis, Minggu (9/7/2017) malam.

Menurut penuturan Yusnaldi, pembangunan infrastruktur ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari wilayah Sungai Getek sepanjang 800 meter menuju kawasan Sungai Beringin berupa rigid. Lalu, dilanjutkan dari wilayah Sungai Luar sampai sebahagian wilayah Sungai Empat sepanjang 1 Kilometer berupa penimbunan.

"Sedangkan, untuk sebahagian wilayah Sungai Beringin yang tersisa akan dilaksanakan penimbunan oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis) Wilayah I (Satu) Dinas PUPR Provinsi Riau sampai ke sebahagian wilayah Sungai Beringin yang di - rigid. Tahun depan, barulah untuk ruas jalan yang ditimbun ini akan kembali dibangun dengan rigid menggunakan APBD Provinsi Riau," jelas Illiyanto.

Disamping pembangunan ruas jalan tersebut, dalam pelaksanaannya, dikatakan Illiyanto, juga terdapat pembangunan 1 buah Jembatan yang berada di parit Jumrah menuju wilayah Sungai Luar yang masuk ke dalam rencana pembangunan.

"Saat ini, proses pembangunan jembatan telah sampai pada tahap pemancangan. Untuk nilai kontrak, pembangunan jembatan itu akan memakan biaya sebesar Rp. 5 milyar yang juga berasal dari APBD Provinsi Riau," ungkap Illiyanto.

Dari kedua pekerjaan pembangunan, baik ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka dan Jembatan Parit Jumrah menuju Sungai Luar, diestimasikan Illiyanto, akan selesai pada bulan November tahun 2017 mendatang.

Selanjutnya, berdasarkan keterangan dari Illiyanto, diketahui bahwa pihak rekanan pemenang tender pekerjaan pembangunan ruas jalan Tembilahan - Kuala Saka dan Jembatan Parit Jumrah menuju Sungai Luar masing - masing ialah PT. Bina Riau Sejahtera dan PT. Bantala. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Selasa,01 Mei 2018 - 14:47:21 WIB

Indeks Pembangunan Manusia di Riau di Atas Rata-rata

PEKANBARU - Salah satu indikator keberhasilan pembangunan manusia di Indonesia adalah IPM (indeks pe

Selasa,24 Oktober 2017 - 16:14:01 WIB

Pelantikan Kades Pekan Kamis, Bupati Inhil Minta Kades Dan Masyarakat Berkolaborasi Laksanakan Pembangunan

  Tembilahan Hulu - Pada pelantikan Kepala Desa (Kades) Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan

Sabtu,18 Februari 2017 - 12:36:20 WIB

Bupati Amril Kunjungi Lahan Pembangunan Islamic Centre

DURI - Usai menghadiri acara Hari Ulang tahun ke lima sekaligus peresmian logo di halaman Rumah Saki

Kamis,01 Februari 2018 - 20:41:36 WIB

Bupati Inhil Harapkan Kontribusi IKA UR Dalam Membantu Pembangunan Sampai ke Desa-Desa

TEMBILAHAN-Bupati Inhil HM Wardan sebagai Ketua Dewan Kehormatan mengharapkan keberadaan Ikatan Kelu

Jumat,30 Maret 2018 - 21:14:39 WIB

Kaleidoskop: Napak Tilas Pembangunan Jalan Inhil 2014 - 2017

  Tembilahan - Usai terpilih dalam kontestasi politik Kepala Daerah pada Pemilihan Kepala

Kamis,08 Maret 2018 - 16:37:58 WIB

Bupati Inhil Luncurkan Buku, Cerita Panjang Pembangunan Infrastruktur Di 'Bumi Sri Gemilang'

  Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meluncurkan buku berjud

BERITA LAINNYA
Kamis,20 September 2018 - 06:09:24 WIB

Blockchain Practitioner China Conference and Awards 2018 Has Successfully Concluded

CHINA - Media OutReach - 19 September 2018 - The Blockchain Practitioner China Conference

Kamis,20 September 2018 - 06:04:28 WIB

''Hong Kong Licensing Awards 2018'' Opens for Entries Recognizes Achievements of Licensing Professionals Enhances Development of Local Creative Industries

CHINA - Media OutReach - 19 September 2018 - To recognise the remarkable achieve

Kamis,20 September 2018 - 05:59:31 WIB

Jelajahi Keajaiban Hong Kong dari sky100 dengan Pembukaan Express Rail Link atau Kereta Cepat Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong

TIONGKOK - Media OutReach - 19 Sep 2018 - Express Rail Link (XRL) atau kereta cepat Guangz

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI