Satu Desa, Satu PAUD, Bupati Wardan Tetap Anggap Keluarga Sebagai Penopang Kualitas Pendidikan Anak

Satu Desa, Satu PAUD, Bupati Wardan Tetap Anggap Keluarga Sebagai Penopang Kualitas Pendidikan Anak

 

Tembilahan - Meski sedang berfokus dalam implementasi program 'Satu Desa, Satu PAUD', Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan tetap beranggapan bahwa keluarga  merupakan tonggak utama sebagai penopang kualitas pendidikan anak.

Hal ini disampaikan Bupati Wardam melalui keterangan tertulis, Minggu (2/7/2017) dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh setiap tanggal 29 Juni.

“Kita harus sadari bahwa keluarga berperan strategis menopang pendidikan anak agar menjadi generasi berkualitas. Berbicara kualitas pendidikan tentunya harus didasari dari lembaga sejak dini yakni PAUD. Sejak awal kepemimpinan saya 2014 saya sudah komitmen dan prioritaskan bahwa lembaga PAUD masuk dalam program prioritas yakni program 'Satu Desa Satu PAUD' melalui DMIJ. Jadi adanya dukungan dari pemerintah pusat terkait pendidikan keluarga melalui Dirjen PAUD, tentunya Pemerintah Kabupaten Inhil siap mendukung," ungkapnya.

Bupati Wardan yakin, perilaku dan karakter anak terbentuk lewat kebiasaan di keluarga. Guru pun diminta melakukan pembiasaan baik dan melakukan hal-hal positif yang bisa ditiru oleh anak didik di lingkungan sekolah, selain dari apa yang didapatkan anak didik di keluarga. “Guru tidak hanya transfer ilmu tapi juga transfer kebiasaan yang baik, yang diawali melalui lembaga PAUD sebagai dasar awal pendidikan, ” ungkapnya.

“Jadi saya atas nama Pemeritnah Kabupaten Inhil mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada peserta sosialisasi pendidikan keluarga dan seluruh guru dan tenaga kependidikan, ikhtiar mulia ini harus diteruskan dalam membangun bangsa ini negeri Seribu parit ini dengan pengabdian yang penuh keikhlasan dan semoga apa yang kita lakukan menjadi amal jariyah bagi kita semua,” sambung Bupati mendoakan.

Lebih lanjut, Bupati Wardan menyampaikan, pendidikan pada masa sekarang terasa sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan masa lalu. Sebab, dimasa sekarang penggunaan teknologi digital sangant banyak memberikan pengaruh terhadap upaya pendidikan anak guna membangun karakter dan perilaku positif yang senantiasa diharapkan oleh orang tua.

“Mendidik di era kita jauh berbeda dengan zaman sekarang yang serba digital. Untuk itu diharapkan lewat sosialisasi ini akan berdampak positif dalam menentukan arah masa depan anak,” ungkap Bupati Wardan sembari menerangkan bahwa mendidik anak didik tidak hanya di sekolah saja, akan tetapi masyarakat dan keluarga juga berperan dalam hal itu. (Adv/Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index