Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Capai 131 Kilometer

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Capai 131 Kilometer

JAKARTA (Wahanariau) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meninjau langsung proyek pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km. Dalam kunjungannya, Jokowi memastikan jalan tol perdana yang dimiliki oleh Provinsi Riau tersebut bakal rampung di 2019.

Jalan Tol ini memiliki 6 seksi dan merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera terpanjang yang membentang di dalam satu Provinsi.

Panjangnya yang mencapai 131 km menyambungkan wilayah Rumbai di Pekanbaru menuju Dumai yang jarak tempuh biasanya mencapai 195,9 km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Selasa (1/8/2017), seksi awal Jalan Tol yang dibangun oleh Hutama Karya ini dimulai dari Pekanbaru, arah Rumbai ke wilayah minyak di Minas sepanjang 9,2 km. Kemudian bersambung dari Minas ke Petapahan sepanjang 23,6 km. Di seksi 3, dari Petapahan menuju Kandis Utara sepanjang 17,45 km.

Tiba di Kandis Utara, Tol Pekanbaru-Dumai menyisakan 3 seksi lagi atau 81,23 km lagi menuju Dumai. Seksi 4 dimulai dari Kandis Utara menuju Duri Selatan sepanjang 28,95 km. Disambung 27,23 km lagi dari seksi 5 menuju seksi 6 di Duri Utara. Seksi terakhir menyambungkan Duri Utara hingga Dumai sepanjang 25,05 km.

Adapun keberadaan Jalan Tol ini diharapkan akan meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.

Jalan Tol ini juga akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di Sumatera.

Sumber : detikFinance

Berita Lainnya

Index