Ini Ciri Miss V Normal dan Sehat

Ini Ciri Miss V Normal dan Sehat

JAKARTA (Wahanariau) - Seperti manusia, vagina juga bersifat individualistis. Meski satu sama lain tidak memiliki bentuk vagina yang sama persis, tapi pasti semua setuju bahwa setiap wanita mengharapkan vagina yang tampak sehat. Lantas, seperti apa sih ciri-ciri vagina yang normal dan sehat?

Menurut wakil ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI RAYA), dr Ni Komang Yeni DS, SpOG atau yang akrab disapa dr Yeni, vagina yang sehat adalah yang tidak ada keluhan. Misal, tidak ada keputihan.

"Keputihan itu apa, bukan sekadar cairan yang keluar dari vagina tapi cairan yang berubah berwarna, gatal, berbau, nah itu sudah menunjukkan itu bukan suatu vagina yang sehat," ucap dr Yeni.

Karena itu, dr Yeni menyarankan agar senantiasa menjaga kebersihan vagina seperti halnya menjaga kebersihan tubuh lainnya, dibasuh setiap kali mandi. Boleh juga menggunakan cairan khusus vagina asal tidak menggunakan sabun mandi.

"Jaga kebersihan vagina sama seperti menjaga kebersihan tubuh lainnya, sama dengan kulit juga, mandi dua kali sehari, dia juga dibasuh, dicuci. Misalnya kalau ada cairan vagina khusus untuk vagina boleh digunakan, asal jangan menggunakan sabun mandi," ucap dr Yeni.

dr Yeni mengatakan mengapa sabun mandi atau sabun lainnya tidak boleh digunakan karena mengandung triclosan yang justru membunuh bakteri bakteri baik dan juga bakteri jahat di sekitar dan dalam organ kewanitaan.

"Jadi dia justru membunuh. Muncul bacterial vaginosis, bakteri yang akan muncul di vagina yang tentunya akan mengganggu memberikan bau yang menyengat," pungkas dr Yeni. (detikHealth)

#Tips Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index