Dua Calon Haji Dumai Batal Berangkat

Dua Calon Haji Dumai Batal Berangkat

DUMAI (Wahanariau) - Kementerian Agama Kota Dumai, Riau, menyatakan dua orang calon haji batal berangkat ke tanah suci Makkah, yaitu Maghdalena (54) dan Askirman (62) karena mengalami gangguan kesehatan.

Kepala Kemenag Dumai Syafwan mengatakan kondisi kesehatan dua calon haji berusia lanjut ini terus menurun menjelang keberangkatan, sehingga dikuatirkan jika tetap berhaji.

"Dari rangkaian tes kesehatan kondisi mereka cenderung menurun dan beresiko tinggi, sehingga tidak dimungkinkan untuk berangkat, bahkan keluarga calon jemaah juga kuatir," kata Syafwan usai pelepasan Kloter 7 Embarkasi Batam di Pelabuhan Pelindo Dumai, Jumat (4/8/2017).

Dikatakan, pembatalan keberangkatan dua calon haji untuk menunaikan Rukun Islam kelima ini karena pertimbangan kesehatan Maghdalena mengalami stroke dan Askirman pasien gagal ginjal.

Kondisi kesehatan calon haji menjelang keberangkatan terus dipantau tim medis melalui beberapa kali tahapan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari fisik hingga suntik meningitis.

"Tim kesehatan haji sudah memeriksa menyeluruh kondisi jemaah agar bisa menjalani rangkaian ibadah dengan baik dan tidak terkendala sakit," sebutnya.

Pemeriksaan kesehatan juga akan dijalani calon haji Dumai setibanya di Asrama Haji Embarkasi Batam sebagai tes terakhir dan mereka dinyatakan sehat bakal memperoleh buku kesehatan.

Sebanyak 210 jemaah calon haji musim 2017 asal Kota Dumai bertolak ke Embarkasi Batam melalui Pelabuhan PT Pelindo I Dumai menuju Pelabuhan Sekupang Batam, dilepas oleh Wali Kota Zulkifli As, Jumat (4/8/2017)

Jemaah haji Dumai tergabung dalam Kelompok Terbang 7 Embarkasi Batam bersama calon haji asal Kabupaten Pelalawan dan menumpangi Kapal Ferry menuju Pelabuhan Sekupang Batam.

Walikota berharap perjalanan jemaah haji tidak mengalami kendala dan dapat cepat beradaptasi, baik dengan situasi dan kondisi di tanah suci ataupun dengan peserta haji lain.

"Semoga kita semua dapat menjaga nama baik negara dan daerah dan kembali dalam keadaan selamat, sehat serta menjadi haji mabrur," kata wali kota.

Dijadwalkan setiba di Embarkasi Batam, jemaah haji Dumai Kloter 7 akan berangkat menuju Jeddah Saudi Arabia pada Sabtu (5/8/2017) malam melalui Bandara Hang Nadim. (ra)

#Jemaah Calon Haji

Index

Berita Lainnya

Index