Pekan Depan Puluhan Seniman Inhu Tampil di TMII

Pekan Depan Puluhan Seniman Inhu Tampil di TMII

RENGAT (Wahanariau) - Sebanyak 45 orang seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Indragiri (DKI) Kabupaten Indragiri Hulu, pada pekan depan akan tampil dalam pagelaran seni budaya di anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta untuk memeriahkan HUT Provinsi Riau serta ajang pelestarian dan pengenalan kesenian daerah.

Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal mengatakan, seniman itu telah melaksanakan persiapan dengan berlatih secara maksimal.

"Mereka adalah pelajar dari sejumlah sekolah yang tergabung dalam tim," kata Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal di Rengat, Jumat (4/8/2017)

Tim itu mewakili Inhu dan berarti akan mengharumkan nama baik daerah, untuk itu ia mengharapkan seniman mampu menampilkan yang terbaik sehingga seni budaya Inhu dikenal luas.

Khairizal mengharapkan agar keikutsertaan dalam ajang ini dapat menjadi sarana untuk mengenalkan seni dan budaya Kabupaten Inhu kepada masyarakat luas.

"Kita bersyukur masih diberi kepercayaan untuk tampil dalam acara rutin tahunan ini," ujarnya.

Atas nama pemerintah, Wabup Khairizal mengucapkan selamat dan sukses, jagalah terus kekompakan dan ikutilah apa yang sudah diarahkan tim pengasuh dan jalin komunikasi yang lancar.

Selain dalam rangka memeriahkan HUT Riau, ajang ini juga sekaligus untuk memperkenalkan budaya melayu Riau kepada masyarakat luas.

Pada iven itu akan ditampilkan tari persembahan, tari beringin sonsang, tari songgam monggong, budaya mencukur rambut dan memberi nama anak, lagu melayu serta sastra lisan.

Pemerhati Seni Budaya Indragiri Hulu Windi mengatakan, setiap tahun utusan Inhu menggelar dan mengisi iven bergengsi di tingkat nasional, hal ini sangat membanggakan selain mengenalkan beragam seni ke pada masyarakat luas juga ajang silaturahim.

"Seni Budaya harus di perkenalkan secara luas, agar suatu saat penggemar seni di Nusantara dapat datang ke Inhu," tegasnya.

Menurutnya, ada banyak kesenian milik Inhu yang pantas ditampilkan sebagai atraksi namun tidak terekspos secara luas akibat minim promosi. (ant)

#Pemkab Inhu

Index

Berita Lainnya

Index