3 Sebab Warna Rambut Cepat Pudar

3 Sebab Warna Rambut Cepat Pudar
Ilustrasi rambut warna sushi salmon.

LIFESTYLE (Wahanariau) -- Mewarnai rambut kini sudah menjadi bagian dari para wanita di kota-kota besar. Beberapa bahkan ketagihan mencoba warna-warna baru. Tren warna keabu-abuan atau warna-warna terang sedang digemari saat ini.

Sayangnya, warna-warna itu jarang bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hanya dalam beberapa minggu, warna-warna terang seperti biru atau hijau langsung memudar.

Ternyata, ada tiga faktor yang menyebabkan rambut diwarnai cepat pudar. Pertama akibat oksidasi atau reaksi zat kimia secara natural, biasanya akibat polusi, dan juga terlalu lama terpapar sinar matahari. Kedua, akibat oksidasi gaya hidup. 

"Buat yang suka kegiatan luar ruangan, berenang atau menyelam, dan kegiatan di laut, biasanya warna rambut akan cepat pudar," ujar Patricia Lauretta Viola, manajer edukasi Matrix Indonesia. 

Penyebab ketiga adalah kurang perawatan. Untuk menjaga warna rambut bertahan lama bisa menggunakan sampo khusus rambut diwarnai atau menggunakan glasir atau gloss. Selain itu, rajin perawatan ke salon sudah pasti bisa mempertahankan warna rambut jauh lebih lama. (tempo)

Berita Lainnya

Index