Risiko Beri Makanan Padat pada Bayi di Bawah 6 Bulan

Risiko Beri Makanan Padat pada Bayi di Bawah 6 Bulan
Ilustrasi

JAKARTA (Wahanariau) --Penyanyi Andien memberikan makanan padat pada bayinya yang baru berusia 5 bulan, Kawa. Padahal makanan padat pendamping ASI (MPASI) baru dianjurkan setelah bayi berusia 6 bulan. Sebelum usia setengah tahun itu bayi disarankan hanya diberikan ASI karena pencernaannya belum sempurna. 

"Makanan padat diberikan pada bayi saat berumur enam bulan, kalau lewat maka tubuhnya akan telat beradaptasi dengan makanan tersebut sehingga dapat memicu alergi," kata Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Budi Setiabudiawan, dalam sebuah wawancara dengan Bisnis.

Menurut Budi, MPASI juga tidak boleh diberikan kepada bayi sebelum berusia 6 bulan karena sistem pencernaan bayi belum matang, sehingga makanan yang masuk tidak dapat dicerna dengan baik.

Ia juga menjelaskan untuk mencegah alergi pada bayi, maka ibu harus memberikan asupan ASI yang cukup. Selama memberikan ASI tidak ada pantangan makanan untuk ibu menyusui kecuali makanan yang membuat ibu atau bayi alergi.

Awal tahun lalu, media sosial sempat digegerkan oleh kabar viral meninggalnya seorang bayi yang baru berusia 1 bulan karena diberi makan pisang dan nasi oleh ibunya. Padahal, di usia kurang dari enam bulan bayi belum mampu mencerna pisang dengan sempurna meski buah tersebut sudah dilumat seperti air kental.

Selain pencernaan yang belum sempurna, kekebalan tubuh bayi juga belum maksimal sehingga makanan padat berpotensi mengalirkan kuman dan bakteri ke tubuh mungilnya. Seperti dilansir clevelandclinic.org, ada beberapa alasan kenapa bayi di bawah enam bulan belum layak diberi makanan padat, yakni:

- Gizi makanan padat tidak selengkap ASI atau susu formula. Selain gizi yang lebih rendah, kalorinya pun lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas.

- Makanan padat susah ditelan. Mulut bayi belum mampu menelan makanan dengan sempurna sampai usianya 6 bulan.

- Makanan padat bisa mengakibatkan risiko kesehatan. Makanan padat yang diberikan terlalu dini bisa menyebabkan alergi dan eksim, dan para peneliti pun menyatakan ada kaitan antara makanan padat dengan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit celiac. (tempo)

Berita Lainnya

Index