Meriah, Pakaian Adat di Upacara HUT ke-72 RI Cetak Sejarah Baru

Meriah, Pakaian Adat di Upacara HUT ke-72 RI Cetak Sejarah Baru

JAKARTA (Wahanariau) -- Pemandangan segar dan baru disaksikan oleh seluruh warga Indonesia dan dunia dalam upacara HUT ke-72 RI di Istana Negara, Kamis (17/8/2017). Berbeda dengan upacara Hari Kemerdekaan RI sebelumnya, tahun ini pihak Istana mewajibkan para tamu undangan memakai dress code Bhinneka Tunggal Ika dengan memakai busana daerah atau baju adat.

Dengan berbagai busana adat yang dimiliki dari seluruh provinsi di Indonesia, sudah tentu acara menjadi lebih semarak dan meriah. Melihat para tamu undangan hadir dengan busana adat pilihan, mengingatkan kita pada parade atau festival yang selalu digelar di sekolah. Penuh warna, cerah, dan meriah.

Tentu Presiden RI Joko Widodo menjadi sorotan dengan busana adat pilihannya. Presiden ke-7 RI tersebut memilih busana Tanah Tumbu, Kalimantan Selatan. Sementara Ibu Negara Iriana Jokowi memakai busana dari daerah Minang, Sumatera Barat.

Dress code busana daerah yang baru tahun ini ditetapkan Istana sekaligus mencetak sejarah baru. Tema Bhinneka Tunggal Ika sekaligus kembali mengingatkan Indonesia untuk tetap bersatu meski berbeda, yang bisa diaplikasikan dari gaya busana.

Tito Karnavian 

Kepala Kepolisian Negara RI Tito Karnavian memakai hiasan kepala atau mahkota khas suku Asmat. Bentuk mahkota menyerupai anyaman pucuk dan beberapa bulu burung yang dipasang untuk menambah keindahan hiasan kepala.

Sementara tampilan sang istri lebih lengkap dengan memakai busana adat. Apalagi aksesori kalung besar warna putih yang bikin total look-nya makin meriah.

BJ Habibie

Mantan Presiden RI BJ Habibie juga terlihat keren dengan songkok Bone, pakaian adat Bugis. Songkok juga merupakan identitas kaum lelaki sebagai mahkota.

Keren dan kharismatik tergambar saat BJ Habibie memperlihatkan busana daerah yang dipilihnya. Keren karena ia memakai sunglasses untuk menghalau sinar matahari dan tampil bergaya.

Pramono Anung

Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung memilih memakai baju khas "abdi dalem" dan blangkon. Namun ia memilih motif batik bunga yang menambah semarak penampilannya.

Puan Maharani

Lain lagi dengan Puan Maharani yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Kabinet Kerja. Ia memilih baju bodo, pakaian tradisional perempuan suku Bugis Makassar.

"Saya pakai ini karena cuaca panas terik, jadi enak dipakai sampai siang. Warnanya juga cantik," ujar Puan saat di-interview host SCTV. (liputan6)

Berita Lainnya

Index