Satu-Satunya di Riau, Pramuka Lapas Pekanbaru Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional

Satu-Satunya di Riau, Pramuka Lapas Pekanbaru Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional

PEKANBARU (Wahanariau) - Jumlah narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Pekanbaru, yang bergabung di dalam Gerakan Pramuka terus bertambah dan mereka sudah meraih prestasi ditingkat nasional, meski keberadaan mereka masih dibedakan dari pramuka pada umumnya.

"Keinginan warga binaan (narapidana) untuk ikut pramuka sangat besar, karena itu bermanfaat untuk kedisiplinan dan pembentukan karakter mereka," kata Kakak Pembina Pramuka Lapas Klas IIA Pekanbaru, Serma Joko Pratowo kepada Antara disela peringatan HUT ke-56 Gerakan Pramuka di Pekanbaru, Jumat (18/8/2017)

Ia menjelaskan, gerakan pramuka di Lapas Pekanbaru sudah dikukuhkan sebagai Gugus Depan 07075 pada Juli 2017. Gerakan kepanduan tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Lapas Riau.

Sejak pramuka dirintis di Lapas Pekanbaru pada tiga tahun lalu, jumlah anggotanya terus meningkat. Dari gelombang pertama hanya ada 23 narapidana yang menjadi anggota pramuka, kini pada gelombang ketiga sudah ada 90 anggota. 

"Kalau tidak dibatasi jumlahnya bisa sampai 200-an, tapi terpaksa harus dibatasi karena lapangan untuk latihannya tidak muat," ujarnya.

Pramuka dari Lapas Pekanbaru sempat mewakili Riau pada Jambore Narapidana untuk Kemanusiaan di Garut, Jawa Barat, pada Oktober 2016. Pada jambore nasional itu, mereka berhasil meraih penghargaan juara umum untuk tingkat disiplin dan kekompakan.

Berita Lainnya

Index