Pelajar Riau Diajak Bijak Gunakan Medsos

Pelajar Riau Diajak Bijak Gunakan Medsos

PEKANBARU - Kalangan pelajar dan netizen di Provinsi Riau diajak bijaksana dalam menggunakan media sosial (medsos). Ajakan ini sebagai bentuk implementasi dari perubahan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Ahyu Suhendra, saat membuka Sosialisasi GNRM sekaligus pelatihan medsos bersama pelajar dan netizen, di Pekanbaru, Selasa (22/8/2017). 

Kegiatan inisiasi dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) ini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Disdik Riau yang dilaksanakan hingga Rabu (23/8/2017).

"Kita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kemenko PMK tersebut di Riau. Kita harapkan, para pelajar dan netizen daerah kita dalam menggunakan medsos dapat lebih bijaksana. Gunakan bahasa yang baik dan sopan, serta tidak memprovakasi dan pornografi di medsos," ujar Ayub.

Menurutnya, revolusi mental ini penting ditanamkan kepada setiap pelajar maupun netizen, atau generasi muda dalam menyikapi perkembangan digital yang semakin marak saat ini. Sehingga mereka dalam melangkah atau pun bersikap dapat mengembangkan nilai positifnya.

"Medsos saat ini banyak digunakan sebagai wadah paling bebas mengekspresikan diri oleh kalangan generasi muda. Namun, dari sekian banyak dampak positif yang dihasilkan medsos tapi keberadaannya juga bisa digunakan ke arah negatif. Makanya, penanaman dan pengembangan karakter yang baik penting ditanamkan kepada generasi muda," ucapnya.

Sementara Kabid Pengembangan Sumber Daya Kemenko PMK, Melkianus Kebos, mengatakan, saat ini banyak pelajar maupun netizen menjadi korban sekaligus pelaku hoax.

#Media Sosial

Index

Berita Lainnya

Index