Wawako Pekanbaru Harap Masyarakat Manfaatkan Layanan Kolaboratif AIDS dan TB

Wawako Pekanbaru Harap Masyarakat Manfaatkan Layanan Kolaboratif AIDS dan TB

JAKARTA (Wahanariau) - Kaukus Kesehatan DPR RI bekerjasama dengan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menggelar Seminar Nasional untuk menyikapi perkembangan Epidemi AIDS dan Tuberkolosis (TB) yang semakin mengkhawatirkan.

Seminar Nasional mengangkat tema "Bergerak Bersama, Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan UKM untuk Melindungi Masyarakat dari Ancaman AIDS dan TB". Kamis (24/8/2017).

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si diundang bersama 5 orang Wakil Walikota lainnya, Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Nusantara I DPR RI Jakarta.

Menurut Ayat, kegiatan ini penting dan strategis karena kedua penyakit ini punya implikasi yang luas pada aspek lain, karna di Kota Pekanbaru untuk penanggulangan AIDS dan TB telah dilakukan melalui pendekatan kolaboratif. 

"Artinya pasien TB akan didorong untuk melakukan tes HIV begitu juga pengidap HIV diharapkan untuk dapat tes HIV. Layanan kolaborasi ini sudah bisa dilakukan di semua puskesmas utama di Kota Pekanbaru," ujar Wawako.

Oleh karena itu Wawako mengharapkan kepada masyarakat khususnya Kota Pekanbaru agar dapat memanfaatkan layanan kolaboratif ini.

Namun hal yang lebih penting selain pengobatan adalah pencegahan melalui pendekatan promotif dan preventif. 

"Sebab itu upaya pencegahan melalui pendekatan promotif dan preventif perlu digalakan secara optimal," tambah Ayat.

Terakhir Ayat Cahyadi menyampaikan untuk keterlibatan berbagai pihak yang terkait baik instansi pemerintah sangat diharapkan. (Halloriau)

#Pemko Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index