Jabat Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain 'Pulang Kampung'

Jabat Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain 'Pulang Kampung'

PALEMBANG (Wahanariau) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melakukan rotasi terhadap jabatan perwira tinggi dan perwira menengah yang ada di jajaran tubuh Polri.

Melalui surat telegram, sebagaimana dilansir Tribunsumsel, Kapolri nomor ST/2032/VII/2017 tanggal 25 Agustus 2017, Jenderal Tito juga merotasi Kapolda Sumsel

Kapolda Sumsel yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Agung Budi Maryoto dimutasikan dalam jabatan barunya sebagai Kapolda Jawa Barat. Sedangkan Kapolda Sumsel digantikan Irjen Pol Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kapolda Riau.

Irjen Pol Zulkarnain, merupakan putra Sumsel. Ia lahir di Belitang Madang Jaya OKU Timur pada 31 Oktober 1961. Jenderal bintang dua ini merupakan AKABRI angkatan 1985. Ditunjuknya Irjen Pol Zulkarnain, berarti jenderal bintang akan bertugas di kampungnya sendiri.

Irjen Zulkarnain sangat berpengalaman di bidang intelijen. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Sumsel dan juga pernah kuliah di Unsri pada tahun 2005 lalu.

Tak hanya Kapolda Sumsel yang diganti. Wakapolda Sumsel yang sebelumnya dijabat Brigjen Pol Asep Suhendar digantikan Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno yang sebelumnya bertugas di Waket Bidakademik STIK Lemdikpol. Sedangkan Brigjen Pol Asep akan bertugas ditempat yang baru menduduki jabatan Sahlijemen Kapolri.

Begitu pula dengan Dirkrimsus Kombes Pol Irawan David Syah yang dimutasi menjadi Kabaganev RO PID Divhumas Polri. Ia akan digantikan Kombes Pol Rudi Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrimsus Polda Lampung.

Terkait adanya mutasi ini, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto ketika dikonfirmasi belum memberikan jawaban sama sekali terkait mutasi dirinya dan menjabat sebagai Kapolda Jabar.

Tak hanya Kapolri, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto juga melakukan perombakan terhadap jajaran di lingkungan Polda Sumsel. Melalui surat telegram Kapolda Sumsel nomor ST/1086/VIII/2017 dan ST/1087/VIII/2017, setidaknya sebanyak 210 perwira pertama dan perwira menengah dirotasi.

#Polda Riau

Index

Berita Lainnya

Index