Cara Mengajarkan Anak Untuk Mencintai Allah

Cara Mengajarkan Anak Untuk Mencintai Allah

Wahanariau - Setiap orangtua pasti mendambakan anak yang tidak hanya baik di mata manusia, tapi juga baik di mata Tuhannya. Hal penting yang harus diperhatikan dalam mengajarkan agama terhadap anak yaitu dengan mengenalkannya pada aqidah atau keyakinan dan kecintaannya terhadap Allah.

Untuk meraih hal tersebut, banyak orangtua memercayakannya kepada guru les, atau dengan memberikan pelajaran tambahan. Padahal, sesungguhnya contoh nyata dari orangtua itu sendiri merupakan pelajaran penting yang harus didapatkan oleh sang anak.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh orangtua untuk menumbuhkan kecintaan sang anak kepada Tuhan dikutip dari buku Parent-Child Relations yang ditulis oleh Hisham Altalib, Abdulhamid Abusulayman, dan Omar Altalib (2013):

Ajari anak untuk mencintai Alquran.
Mencintai Alquran merupakan salah satu poin penting untuk menumbuhkan kecintaan seorang anak kepada Allah. Mengenalkan Alquran melalui pengenalan huruf hijaiyyah hingga membaca dan mengartikan ayat-ayat pendek adalah cara yang umum diberikan.

Namun, Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orangtua ialah mereka lebih banyak menakuti anak-anak dengan ayat Alquran yang berisi tentang kisah Neraka dan isinya, ketimbang menyebutkan cinta kasih Tuhan, menyebutkan berbagai hukuman dan jika ia melanggar perintah Tuhan. Sehingga, anak tumbuh dalam ketakutan dan ancaman.

Maka, yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pemilihan ayat al Quran yang akan disampaikan. Ada baiknya kita mengenalkan ayat Alquran yang menjelaskan cinta kasih Tuhan terhadap hambanya, sebelum akhirnya membahas hukum dan konsekuensi atas setiap kesalahan yang dilakukan.

Ajari anak untuk selalu mengingat Allah dengan cara beribadah
Untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap Allah, kita juga harus menanamkan kebiasaan untuk selalu mengingat Tuhan dalam situasi apa pun.

Hal kecil yang bisa ditanamkan oleh orangtua sebagai pembiasaan yaitu dengan mengajak putra-putrinya berdoa ketika akan memulai makan, tidur, dan belajar. Menjalankan shalat 5 waktu, dan lain sebagainya.

Tanamkanlah pada diri anak-anak bahwa dengan mengingat Tuhan maka Tuhan pun akan selalu mengingat kita dalam keadaan apapun.

#Mozaik

Index

Berita Lainnya

Index