PDAM Bengkalis Perbaiki Jaringan Pipa Transmisi Distribusi

PDAM Bengkalis Perbaiki Jaringan Pipa Transmisi Distribusi

BENGKALIS (Wahanariau) - Guna meningkatkan program pelayanan dan kualitas air pengolahan untuk pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Bengkalis terus melakukan program pembenahan. Pembenahan dilakukan disegala sektor. Salah satunya memperbaiki seluruh jaringan pipa transmisi distribusi, yang selama ini sering bermasalah.

Dirut PDAM Tirta Dharma Bengkalis Jufrizal  melalui Kasubak Distribusi Wiskuroni Alqosyim mengatakan, sesuai arahan dan target Direktur, saat ini PDAM Bengkalis terus melakukan upaya perbaikan disemua lini. Termasuk semua cabang, guna meningkatkan program pelayanan dan kualitas air untuk pelanggan.

"Seperti contoh di Parit Bangkung yang lama bermasalah. Sekarang sudah lancar. Disitu kita telah melakukan Tapping, yakni kegiatan pemindahan jaringan saluran pelanggan untuk memperoleh distribusi air dengan kualitas dan kuantitas yang bagus," katanya beberapa waktu yang lalu.

Alqosyim menjelaskan, pada umumnya, terjadinya permasalahan distribusi air ke pelanggan, selain jarak distribusi yang jauh, juga besar kecilnya jaringan pipa yang menyalurkan air ke pelanggan. Artinya, kalau sebelumnya dari jaringan pipa 4 inchi ke 3 inchi, namun saat ini di Tapping dari pipa 6 inchi langsung ke 3 inchi.

"Kita langsung lakukan Tapping ke Jaringan Distribusi Utama (JDU). Posisinya lebih dekat ke lokasi distribusi jaringan pelanggan. Dengan melakukan itu, baru kita mendapatkan tekanan air dan sekarang sudah lancar. Pelanggan yang selama ini tidak dapat air, sekarang sudah dapat," jelasnya.

Hal yang sama juga dilakukan di Jalan Antara, Gang Nona. Masalah distribusi air terkendala akibat lobang Tapping ke pipa DJU hanya 1/2 inchi untuk 20 pelanggan. Dan sekarang sudah diperbesar menjadi 2 inchi untuk 20 pelanggan.

Selain itu, perbaikan jaringan pipa distribusi air untuk disuplay ke kawasan Jalan Cokro dan Gatot Soebroto juga dilakukan terhadap pipa di Simpang 4, Jalan Soebrantas, Antara. Disitu, ditemukan kebocoran di pangkal pipa.

"Pembenahan jaringan inilah yang sekarang kita lakukan setiap hari.Ini upaya kita untuk menambah tekanan air ke pelanggan. Sehingga satu persatu nanti persoalan bisa diselesaikan," ungkapnya. (Halloriau)

#PDAM Dumai

Index

Berita Lainnya

Index