Pembuatan E-KTP di Dumai Masih Gratis

Pembuatan E-KTP di Dumai Masih Gratis

WahanaRiau-Dumai-Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Dumai menegaskan pembuatan KTP dan KK gratis termasuk untuk surat pengantar dari kelurahan dan kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Kadisdukcapil Kota Dumai Suardi S.Sy, kepada Riau pesisir, Senin (10/11) kemarin. "Saya telah melakukan sidak kesejumlah kelurahan untuk mengecek jalannya proses pengurusan KTP dan KK, Memang ada laporan dari sejumlah masyarakat terkait masih adanya pelayanan yang bayar. Kita telah mengingatkan pelayanan tersebut,"kata Suardi.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang akan membuat KTP maupun memperpanjang KTP, dalam pengurusan di kelurahan dan kecamatan tidak dikenakan biaya. Lain itu, dia juga menyarankan kepada masyarakat untuk tidak memberi insentif dalam pengurusan surat pengantar.

KTP gratis diterapkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar memiliki kartu identitas diri. Sehingga tak lagi ada penduduk Dumai yang tidak ber KTP.

Lain itu, mengenai e-KTP yang akan dihentikan penerbitnya oleh Kemendagri, Suardi menambahkan bukan dihentikan tetapi ditinjau kembali. Dan selanjutnya, e-KTP tidak lagi dicetak di Jakarta melainkan wewenang cetak diserahkan pada pemerintah daerah. Hanya saja kapan? Disdukcapil masih menunggu petunjuk Kemendagri.(wrc)

Berita Lainnya

Index