Legislator Pekanbaru Desak Diskes Lakukan Pengujian Berkala Jajanan Bakso

Legislator Pekanbaru Desak Diskes Lakukan Pengujian Berkala Jajanan Bakso

PEKANBARU (Wahanariau) - Anggota DPRD Pekanbaru dari Komisi II Zulfan Hafiz meminta Dinas Kesehatan setempat melakukan uji berkala terhadap jajanan bakso untuk menghindari upaya curang pedagang dengan menggunakan daging babi sebagai bahan baku.

"Temuan bakso babi kali ini kecolongan yang kedua setelah belum lama ini juga ditemukan di Jalan Ronggowarsito Pekanbaru," kata Zulfan Hafiz di Pekanbaru, Selasa (29/8/2017).

Ia menyatakan temuan bakso mengandung babi di Jalan Ahmad Dahlan setempat dikarenakan Dinas Kesehatan lalai tidak melakukan pengawasan dan pemeriksaan berkala.

Menurut Zulfan, jika Diskes rutin melakukan tes dan pemeriksaan kepada setiap usaha mikro kecil menengah yang bergerak di bidang panganan bakso, hal tersebut tidak akan terjadi sebab pelaku usaha akan sadar dan takut untuk bermain curang.

"Pengawasan jangan hanya dilakukan saat penerbitan izin saja," tuturnya.

Ia juga menyarankan jika perlu Diskes bisa menerbitkan semacam stiker ceklis bagi UMKM yang sudah dilakukan pemeriksaan dengan menempelkan masa berlaku di tempat terbaca konsumen.

Ini cara mudah juga dan memberikan bantuan pengawasan bagi pembeli untuk memastikan setiap jajanan yang mereka beli aman dan sudah memenuhi standar kesehatan dan lulus uji Dinkes.

Apalagi UMKM ini adalah pemberi pendapatan asli daerah dari pajak usaha sehingga tidak salah mereka harus dilindungi dari oknum yang berbuat curang dengan memberikan ekstra pelayanan.

Berita Lainnya

Index