Walikota Pekanbaru Minta Usut Tuntas Bakso Mengandung Babi

Walikota Pekanbaru Minta Usut Tuntas Bakso Mengandung Babi

PEKANBARU (Wahanariau) - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT meminta kepada jajaranya untuk membantu Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru mengusut tuntas temuan bakso diduga mengandung babi dijual bebas.

"Kepada Dinas terkait bersama BBPOM, lanjutkan penelusuranya. Kejar ke hulu, jangan berhenti di hilirnya," kata Firdaus kepada Antara di Pekanbaru, Selasa (29/8/2017).

Berdasarkan laporan dari bawahannya, Firdaus mengatakan daging yang digunakan oleh pedagang Bakso Mekar, warung bakso terindikasi mengandung babi diperoleh dari rumah potong hewan (RPH) Pekanbaru.

Ia memastikan, bahwa RPH Pekanbaru hanya menyediakan daging sapi dan daging kerbau. "Tidak ada yang lain selain sapi dan kerbau di RPH kita," tuturnya.

Namun, dirinya mengakui terdapat rantai distribusi yang cukup panjang dan rawan penyelewengan dari RPH menuju ke pasar. Selain distribusi dari RPH menuju pasar, dia juga mengatakan pusat penggilingan daging perlu diperhatikan.

"Ini yang mesti ditelusuri. Masyarakat korban dalam hal ini, begitu juga pedagang. Diawali dari sumber bahan baku, tadi katanya daging dari RPH kemudian menuju ke pasar ada jarak. Ini mesti cerdas, yang salah siapa," tuturnya.

Lebih jauh, dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha kuliner di Pekanbaru. Dirinya berharap jajarannya bersama BBPOM Pekanbaru dapat mengungkap kasus tersebut.

#Pemko Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index