Ngeri! Ada Badai Harvey, Rumah Warga Terancam 'Diserbu' Aligator

Ngeri! Ada Badai Harvey, Rumah Warga Terancam 'Diserbu' Aligator
Papan peringatan bahaya aligator di tengah banjir Texas

TEXAS (Wahanariau) -- Ancaman yang dipicu badai Harvey di Texas, Amerika Serikat (AS) tidak hanya sebatas banjir dan risiko ledakan kimia. Ratusan ekor aligator dikhawatirkan kabur dari penangkaran dan berenang ke area permukiman warga. 

Gator Country, tempat penangkaran hewan yang berlokasi di Houston bagian timur laut, digenangi banjir hingga nyaris melewati ketinggian pagar pembatas. Parahnya, pagar pembatas itu merupakan satu-satunya hal yang menjaga 350 ekor aligator tetap berada di dalam penangkaran. 

"Kurang dari satu kaki lagi (genangan banjir) akan melewati pagar," sebut pemilik Gator Country, Gary Saurage, kepada televisi lokal KFDM seperti dilansir AFP, Rabu (30/8/2017). 

"Kami tidak tahu harus melakukan apa," imbuhnya.

Aligator yang merupakan jenis reptil berukuran besar yang hidup di air tawar ini bisa dengan mudah menyerang manusia. Saurage menyatakan, ratusan aligator yang ada di tempat penangkaran ini berasal dari Texas Tenggara, sehingga mereka tidak ditempatkan dalam kontainer tersendiri.

Berbagai hewan mematikan lainnya, seperti ular berbisa dan buaya -- kerabat dekat aligator yang hidup di air asin, telah dievakuasi dari penangkaran dan ditempatkan dalam kandang tersendiri. Dua aligator terbesar, yang bernama 'Big Al' dan 'Big Tex', telah dievakuasi ke dalam trailer. Namun ratusan aligator lainnya, yang sebagian besar diselamatkan dari alam liar, masih bebas berkeliaran di dalam taman penangkaran.

Laporan televisi setempat menyebut warga setempat khawatir dengan situasi di Gator Country. Terlebih kebanyakan warga Texas tengah mengungsi akibat banjir yang dipicu badai Harvey dan semakin meluas.

"Jika beberapa (aligator) kabur, jumlah cenderung kecil dibandingkan populasi di alam liar. Kami memahami ini menjadi kekhawatiran besar," ucap Ketua Ilmuwan Aligator pada Departemen Taman dan Satwa Liar Texas, John Warren, berusaha menenangkan publik. Warren menyatakan bahwa aligator yang ada dalam penangkaran tidak akan kabur terlalu jauh dari sumber makanan. (detik)

Berita Lainnya

Index