8 Fakta si Kliwon, Sapi 1,1 Ton yang Dibeli Jokowi, Hingga Pemilik Tidur di Kandang

8 Fakta si Kliwon, Sapi 1,1 Ton yang Dibeli Jokowi, Hingga Pemilik Tidur di Kandang
Kliwom, Sapi kurban berbobot 1,1 ton milik peternak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 60 juta. Dimandikan dua kali sehari, yakni tiap pagi dan sore

POLMAN (Wahanariau) - Saeman, peternak sapi asal Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat kini sedang merasa bahagia. Kebahagiaan Saeman datang dari sapi kesayangannya yang telah dipelihara sejak kecil.

Pasalnya, sapi tersebut diketahui telah dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo.

Karena sangat bahagia dan bangga sapinya dibeli oleh Jokowi, Saeman melakukan berbagai upaya untuk mengamankan sapinya agar tak mengecewakan sang presiden. Apa saja yang dilakukannya? Berikut fakta-faktanya.

1. Kisah Pencarian Sapi
Jokowi memiliki alasan tersendiri kenapa ia memilih untuk membeli sapi milik Saeman. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar kepada Kompas usai meninjau lokasi keberadaan sapi milik Saeman, Senin (29/8/2017).

Ali pula lah yang menjadi perantara antara Saeman si pemilik sapi dan Jokowi selaku calon pembeli. Ia kemudian menceritakan bagaimana kisah dirinya mencarikan sapi tersebut.

Awalnya ia ditelepon oleh pihak istana untuk mencarikan sapi yang berbobot minimal 800 kilogram. Ia lantas melakukan pencarian ke berbagai peternak yang ada untuk mendapatkan sapi yang diinginkan.

Akhirnya ia bertemu dengan Saeman yang memiliki sapi dengan bobot 1,1 ton. Setelah itu, Ali menelepon istana untuk meminta persetujuan. Gayungpun bersambut, pihak istana setuju untuk membeli sapi dari Saeman.

Berita Lainnya

Index