Biaya Kuliah 42 Mahasiswa Kampar Keluar Negeri Malah Ditanggung Bupati Siak, Tak Ada Perhatian Pemda...?

Biaya Kuliah 42 Mahasiswa Kampar Keluar Negeri Malah Ditanggung Bupati Siak, Tak Ada Perhatian Pemda...?

BANGKINANG (Wahanariau) - Miris melihat apa yang dialami puluhan calon mahasiswa di Kabupaten Kampar, alih-alih dibantu pemda, justru orang lain yang memberikan bantuan.

Hal itulah yang dirasakan oleh sejumlah mahasiswa dan calon mahasiswa asal Kabupaten Kampar karena justru Bupati Siak H Syamsuar yang bersedia membantu biaya keberangkatan mereka melanjutkan pendidikan ke sejumlah negara Timur Tengah dan Eropa.

Ilham Afandi, salah satu calon mahasiswa Fernstudium Jerman seperti dimuat suarakampar.com, Selasa (5/9/2017) sore mengakui bahwa orang nomor satu di Kabupaten Siak itu telah mentransfer sejumlah uang usai menyatakan kesediaannya membantu 42 mahasiswa dan calon mahasiswa asal Kampar, yang mengeluh tak dapat perhatian dari pemerintah daerah.

"Alhamdulillah sudah ditransfer uangnya sama Pak Syamsuar," ungkap Ilham.

Ia bersama rekan-rekannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Syamsuar. Ucapan terima kasih juga disampaikan Ilham kepada wartawan dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar karena telah membantu pemberitaan sebelumnya.

Ilham mengatakan, dari 42 mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri sebagaimana yang ia sampaikan kepada media yang sama beberapa hari lalu, tidak semua tergolong ekonomi yang mampu, sebagian pelajar dan mahasiswa ekonominya kurang mampu.

"Ada yang telah mulai kuliah tahun kemaren, ada yang baru dan mereka kembali atau akan berangkat melanjutkan studinya," terang Ilham.

Ilham juga mengungkapkan, rasa simpati juga telah disampaikan Pemkab Meranti dan Rohul dan berjanji turut membantu. 

Namun, ia dan kawan-kawannya masih mengharapkan uluran tangan berbagai pihak untuk kelancaran studi anak-anak yang kelak akan menjadi generasi penerus kepemimpinan dan pembangunan di daerah ini.

Lebih lanjut Ilham juga mengakui sampai hari ini belum ada satupun perusahaan di Riau yang merespon permohonan bantuan dari mahasiswa ini.

Seperti diberitakan sejumlah media, keinginan membantu mahasiswa dari Kampar ini disampaikan oleh Bupati Siak pada saat Ulama Besar Riau Dr Mustafa Umar menyampaikan sindiran keras kepada pemerintah daerah di Riau, Ahad (3/9/2017) di Masjid Agung Annur, Pekanbaru atas ketidakpedulian Pemda terhadap nasib puluhan mahasiswa Kampar yang terancam tak bisa berangkat ke sejumlah negara Timur Tengah dan Eropa untuk melanjutkan pendidikannya karena keterbatasan biaya.

Bupati Siak Syamsuar yang hadir pada acara ini langsung menyatakan akan membantu pelajar dan mahasiswa Kampar ini.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa Kampar ini curhat kepada sejumlah wartawan di Kantor PWI Kabupaten Kampar di Jalan A.Yani, Bangkinang. (rsc/skc)

#Pemkab Kampar

Index

Berita Lainnya

Index