Memanfaatkan Lahan Kosong Perusahaan

Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, Pertamina Dumai Gandeng Tenaga Pendamping Dari UNS Solo

Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, Pertamina Dumai Gandeng Tenaga Pendamping Dari UNS Solo

DUMAI (Wahanariau) - PT Pertamina RU II Dumai wujudkan peningkatan ekonomi kerakyatan dengan menggandeng tenaga pendamping pertanian dari Universitas Negeri Sebelas Maret Solo membantu petani hortikultura setempat mengelola lahan kosong aset perusahaan seluas lebih kurang 8 hektare.

Pejabat sementara Kepala Humas Pertamina RU II Rika Gresia mengatakan, kerjasama dengan fasilitator pertanian dari UNS ini untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani yang bercocok tanam di lahan kosong perusahaan agar dapat terkelola baik dan bermanfaat bagi ekonomi keluarga.

Pengelolaan lahan sebagian besar dimanfaatkan untuk pertanian hortikultura atau tanaman jangka pendek oleh petani tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Bukit Mekar di Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan ini sekaligus upaya menjaga aset perusahaan agar tidak diklaim pihak lain.

"Kita ingin petani setempat dapat meningkatkan perekonomian mereka dengan memanfaatkan lahan kosong ini dan sekaligus agar aset perusahaan terjaga dan tidak dicaplok pihak lain," kata Rika, Sabtu (9/9/2017).

Bentuk dukungan lain dari Pertamina agar pengelolaan lahan optimal tidak saja dengan pemanfaatan lahan oleh petani, namun juga menyalurkan bantuan alat pertanian dan bibit tanaman hortikultura serta bahan pembuatan pupuk untuk pertanian.

Komitmen BUMN pertambangan minyak bumi gas dalam meningkatkan perekonomian rakyat ini diwujudkan juga dengan rencana membuka areal kolam untuk kegiatan budi daya ikan.

Berita Lainnya

Index