Akan Digantikan Istri

Tiga Bulan Lagi Lengser, Walikota Batu Malah Diciduk KPK

Tiga Bulan Lagi Lengser, Walikota Batu Malah Diciduk KPK
Dewanti Rumpoko (paling kiri), istri Wali Kota Batu. Foto: Rois Jajeli

JAKARTA - Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bakal habis masa jabatannya pada Desember 2017. Namun, sebelum masa jabatannya berakhir, Eddy terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK terkait dugaan suap proyek.

Saat masa jabatan berakhir, Eddy akan digantikan oleh Dewanti Rumpoko, yang tak lain adalah istrinya. Dewanti memenangi Pilwakot Batu 2017 bersama pasangannya, Punjul Santoso. Keduanya unggul jauh dari lawannya, yakni Rudi-Sujono Djonet dan Abdul Majid-Kasmuri Idris.

Dewanti sendiri telah tiga kali dicalonkan sebagai kepala daerah. Pertama pada Pilwakot Malang 1999, Pilbup Malang 2015, dan terakhir Pilwakot Batu 2017. 

"Saya pernah jadi calon Wali Kota Malang ketika di awal reformasi. Tahun lalu di Kabupaten Malang. Sekarang di Batu. Mungkin jodohnya saya ada di Batu," kata Dewanti di posko pemenangannya yang juga kantor DPC PDIP Kota Batu di Jalan Oro-Oro Ombo, Rabu (15/2/2017).

Begitu terpilih menjadi Wali Kota Batu, Dewanti berjanji akan membangun kota tanpa bantuan dari suaminya. Sejumlah program telah ia susun, termasuk program suaminya yang tetap dilanjutkan, yakni soal pendidikan.

Berita Lainnya

Index