Dua Bunga Bangkai Mekar Ditemukan di Kampar, Satu Diantaranya Diklaim Tertinggi di Dunia

Dua Bunga Bangkai Mekar Ditemukan di Kampar, Satu Diantaranya Diklaim Tertinggi di Dunia
Bunga bangkai terbesar mekar di Kampar. (foto: dok bbksda riau, detikcom via potretnews)

PEKANBARU - Dua bunga bangkai (Amorphopallus Gigas) berukuran raksasa masing-masing setinggi 3,3 meter dan 3,97 meter tumbuh dan mekar di hutan Cagar Alam Bukit Bungkuk, Kabupaten Kampar.

"Kondisinya saat ini sedang mekar. Temuan ini sangat menakjubkan bagi kami dan masyarakat adat," kata Kepala Seksi Wilayah III Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Bintang "Cobar" Hutajulu kepada Antara di Pekanbaru, Ahad (17/9/2017).

Bintang mengatakan dua tanaman langka tersebut ditemukan oleh petugas Seksi Wilayah III BBKSDA Riau saat melakukan survei ekologi dan pengawasan rutin kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk yang berlokasi di Kecamatan Kuok tersebut, pekan lalu.

Selama sepekan pula, ia bersama petugas terus menjaga keberadaan bunga bangkai tersebut. Ia juga menjelaskan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat adat sekitar untuk menjaga momen langka, tumbuh dan mekarnya bunga langka itu.

"Jadi saya jelaskan ke ninik mamak (masyarakat adat) di sini. Bunga ini bunga langka, desa kita sangat beruntung ada bunga ini," jelasnya.

Seketika mendengar penjelasan tersebut, masyarakat setempat menyadari pentingnya dan berharganya keberadaan bunga itu.

Berita Lainnya

Index