Heboh Penemuan Bayi Perempuan di Emperan Koperasi

Heboh Penemuan Bayi Perempuan di Emperan Koperasi
Foto: Arif Syaefudin/detikcom

PATI - Warga Desa Plangitan Kecamatan Pati Kota digegerkan dengan temuan sosok bayi berjenis kelamin perempuan di emperan Koperasi Gangsa. Diduga, bayi tersebut memang sengaja dibuang setelah dilahirkan.

Bayi malang tersebut pertama kali ditemukan oleh Putri Nurohmahsari (19) karyawan Kopersi Gangsar pada pukul 06.00 WIB. Saat itu ia bermaksud mengambil koran, namun ketika ia membuka pintu terdapat sebuah kardus bekas minuman gelas yang di dalamnya terdengar suara tangisan seorang bayi.

Saat dibuka, ternyata di dalamnya terdapat bayi yang kondisinya masih seperti sesaat setelah dilahirkan. Tali pusar dari sang bayi masih menyatu. Berat sang bayi 2,8 kilogram dan panjang 47 sentimeter.

"Petugas dari Polsek Pati yang mendapat laporan segera menuju ke tempat kejadian. Petugas yang datang segera membawa bayi tersebut ke Puskesmas Pati 1 untuk menjalani perawatan," ungkap Kapolsek Pati Kota, Iptu Pujiati, Ahad (24/9/2017).

Atas temuan tersebut, pihak Polsek Pati bakal melaksanakan penyelidikan untuk mengetahui siapa pelaku yang tegas membuang bayi malang tersebut. Polisi juga tengah mencari dan mengumpulkan informasi untuk mengetahui keberadaan ibu kandung dari sang bayi.

"Pelaku yang membuang bayi ini bakal dijerat dengan Pasal 80 UU 35/2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Tergantung nanti apa alasan orang tuanya melakukan perbuatan tersebut," tutur Pujiati.

Dalam penanganan bayi tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Dinas Sosial. Termasuk jika ada orang yang berkenan untuk mengadopsi bayi tersebut. [detikcom]

Berita Lainnya

Index