Korut Ancam Tembak Jatuh Pesawat AS, Ini Pernyataan Jubir Pentagon

Korut Ancam Tembak Jatuh Pesawat AS, Ini Pernyataan Jubir Pentagon
Photo : Time Magazine

JAKARTA - Korea Utara menuding Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan perang dengan negaranya dan menyatakan memiliki hak untuk menembak jatuh pesawat pengebom negeri paman Sam itu. AS pun mempersilakan Trump untuk menangani Korut.

Ancaman terhadap AS disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-Ho. Pernyataan itu muncul dua hari setelah pesawat tempur AS terbang mendekati pantai Korea Utara.

"Operasi itu dilakukan di wilayah udara internasional, di atas perairan internasional sehingga kami memiliki hak untuk terbang, berlayar dan beroperasi di tempat yang diizinkan secara hukum di seluruh dunia," kata juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning seperti dilansir CNN, Selasa (26/9/2017).

Mengenai memanasnya hubungan AS dan Korut setelah negara pimpinan Kim Jong-Un itu melakukan uji coba nuklir, Manning mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Trump. Militer AS siap mendukung penuh kebijakan Trump dalam menangani Korut.

"Militer AS akan mengambil semua opsi untuk memastikan bahwa kita melindungi sekutu kita dan mitra kita dan tanah air kita jadi jika Korea Utara tidak menghentikan tindakan provokatif, kita akan memastikan bahwa kita memberikan pilihan kepada presiden untuk menangani Korea Utara," ucap Manning.

Berita Lainnya

Index