Demo Kasasi Suparman, Mahasiswa Minta KPK Fokus dan KY Lakukan Pengawasan

Demo Kasasi Suparman, Mahasiswa Minta KPK Fokus dan KY Lakukan Pengawasan

PEKANBARU - Sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Pelajar dan Mahasiswa Anti Korupsi menggelar aksi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi fokus dalam sidang kasasi vonis bebas Bupati Rokan Hulu, Suparman di tingkat Mahkamah Agung.

"Kami yang terdiri dari beberapa unsur organisasi bersepakat untuk mendesak KPK untuk fokus dalam upaya hukum selanjutnya (kasasi) dalam kasus yang melibatkan Bupati Rohul Suparman di tingkat MA," kata Koordinator Lapangan, Nanda ketika beraksi di Tugu Zapin Jalan Sudirman Pekanbaru, Selasa (26/9/2017).

Dia mengatakan proses pemberantasan korupsi oleh KPK di Provinsi Riau sudah sangat luar biasa. Hal itu karena telah mampu mengungkap banyak skandal korupsi yang melibatkan para pejabat yang ada baik eksekutif maupun legislatif.

"Namun prestasi itu tercederai akibat vonis bebasnya Suparman yang saat ini menjabat sebagai Bupati Rohul dari jeratan kasus suap pengesahan Rancangan Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Riau 2014 dan RAPBD 2015. Vonis bebas ini jelas menjadi sebuah insiden buruk di tengah harapan besar masyarakat Riau yang menginginkan provinsi ini bersih dari korupsi," ujar Nanda dalam orasinya.

Oleh karena itu, mereka juga meminta agar MA bersikap adil dan transparan dalam penegakan hukum. Selain itu, pihaknya juga meminta Komisi Yudisial melakukan pengawasan ketat terhadap hakim-hakim dalam memutuskan perkara tersebut.

#Komisi Pemberantasan Korupsi

Index

Berita Lainnya

Index