Bupati Wardan Nyatakan Ika UR Inhil Wadah Koordinasi Dan Konsultasi 1863 Alumni Universitas Riau

Bupati Wardan Nyatakan Ika UR Inhil Wadah Koordinasi Dan Konsultasi 1863 Alumni Universitas Riau

 

Tembilahan - Tidak hanya menjadi sarana menjalin silahturrahmi, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) Kabupaten Inhil, berfungsi sebagai wadah berkoordinasi dan berkonsultasi sedikitnya bagi 1863 orang Alumni Universitas Riau yang terdata sampai saat ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Inhil pada penyampaiannya dalam prosesi pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) Kabupaten Inhil pimpinan Said Syarifuddin yang saat ini di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil menjabat sebagai Sekretaris Daerah.

"Koordinasi dan konsultasi yang dilakukan tentunya adalah dalam rangka melaksanakan kegiatan keorganisasian disamping juga sebagai sarana menyatukan para Alumni. Ada banyak sekali ruang gerak yang bisa dimanfaatkan oleh IKA UR nantinya untuk mengadakan kegiatan di Inhil ini," ujar Bupati Wardan mengawali sambutannya di Gedung Engku Kelana, Tembilahan, Rabu (30/8/2017).

Salah satu contoh konkret ruang gerak bagi Ika UR, dikatakan Bupati, ialah pengembangan potensi lokal Kabupaten Inhil. Ruang gerak tersebut, imbuh Bupati, dapat dimanfaatkan seluas - luasnya bagi Ika UR untuk melaksanakan kegiatan.

"Dengan begitu, kehadiran Ika UR akan mampu pula memberikan spirit, membangun semangat baru bagi kami (Pemerintah dan masyarakat, red) di Kabupaten Inhil," tukas Bupati.

Terhadap Pemerintah Kabupaten Inhil, Bupati mengharapkan, eksistensi Ika UR juga dapat berperan sebagai pemberi masukan dan rekan berdiskusi dalam rangka pengembangan program pembangunan. Sedangkan, kepada pengurus Pusat Ika UR, Bupati Wardan berharap, agar Ika UR Kabupaten Inhil dapat dijadikan sebagai prototype kegiatan Ika UR secara keseluruhan.

"Sebab, kami berpandangan bahwa Inhil merupakan sebuah daerah yang memiliki potensi yang luar biasa, khususnya di bidang pertanian dengan areal persawahan sangat luas untuk produksi padi yang apabila terus dikembangkan akan berpeluang menjadikan Inhil sebagai daerah yang berkontribusi besar terhadap pemenuhan kebutuhan beras Riau. Tinggal menentukan polanya saja lagi," tandas Bupati Wardan seraya mengatakan hal tersebut merupakan salah satu langkah menjadikan Ika UR Inhil sebagai prototype kegiatan Ika UR.

Pada pelantikan ini turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi yang menjabat sebagai Ketua Ika UR Pusat, Rektor Universitas Riau, Prof Aras Mulyadi dan beberapa pejabat teras Kabupaten Inhil yang juga merupakan para alumni dan pengurus Ika UR Kabupaten Inhil.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (Ika UR) Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin dalam sambutannya usai pelantikan, menyatakan komitmennya untuk terus melakukan inventarisasi terhadap para alumni Universitas Riau, terutama yang berasal dari Kabupaten Inhil yang saat ini tersebar di bebebera wilayah di Indonesia bahkan di luar Negeri.

"Dengan telah resmi dilantiknya kepengurusan Ika UR. Saya selaku Ketua bersama para pengurus lainnya akan terus berupaya mengidentifikasi dan menginventarisir para alumnus Universitas Riau lainnya yang tersebar di pelosok Indonesia bahkan juga penjuru dunia," ungkap Said Syarifuddin.

Salah satu tujuan identifikasi dan inventarisir yang dilakukan, kata Said Syarifuddin, ialah sebagai langkah pengembangan organisasi, yang tidak hanya mencakup wilayah Provinsi Riau, namun juga seluruh Indonesia bahkan menjangkau mancanegara.

"Sejauh ini jumlah alumnus yang masuk ke dalam pendataan organisasi adalah sebanyak 1863 orang. Pendataan akan terus dilakukan. Sebab, Ika UR bertekad untuk mengembangkan sayap organisasi kepengurusannya ke daerah - daerah Provinsi lain di Indonesia karena alumni Universitas Riau tersebar di berbagai daerah bahkan manca negara dengan jenjang pekerjaan yang juga bervariasi," tandas Said Syarifuddin.

Sebelumnya, Ahmad Hijazi selaku Ketua Pengurus Pusat Ika UR dalam arahan yang disampaikannya mengatakan, kepengurusan Ika UR Kabupaten Inhil merupakan kepengurusan tingkat Kabupaten / Kota perdana yang melaksanakan pelantikan. Sebagai Kepengurusan setingkat Kabupaten / Kota pertama yang dilantik, Ahmad Hijazi berharap, Ika UR Kabupaten Inhil dapat menunjukkan kiprah dan eksistensinya kedepan.

"Kiprah yang diharapkan juga harus berorientasi lintas almamater, jadi tidak cuma dalam ruang lingkup sesama almamater saja. Juga, Ika UR Kabupaten Inhil harus mampu membangun, menunjukkan eksistensinya kepada semua komponen," harap Ahmad Hijazi.

Disamping itu, Ahmad Hijazi juga mengharapkan, adanya sinergitas yang dijalin antara Ika UR Kabupaten Inhil sebagai sebuah organisasi dengan Pemerintah dan masyarakat guna memajukan daerah, terutama melalui kemajuan dunia pendidikan.

"Karena majunya satu daerah, salah satunya diindikasikan dengan kemajuan kualitas dunia pendidikan di daerah itu sendiri. Kualitas dunia pendidikan itu berbanding lurus dengan kualitas SDM dari para alumni Universitas Riau yang dihasilkan di masing - masing institusi pendidikan di daerah setempat," terang Ahmad Hijazi. (Dex)

Berita Lainnya

Index