Biaya Internet OPD Dumai Dikurangi

Biaya Internet OPD Dumai Dikurangi

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai mulai menerapkan penghematan anggaran belanja penyediaan koneksi internet di semua perkantoran organisasi perangkat daerah dengan dikelola terpadu oleh bagian komunikasi informatika.

Kepala Bagian Komunikasi Informatika Pemkot Dumai Eko Wardoyo, mengatakan pengelolaan penyediaan jaringan internet sudah dimulai pada delapan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan kapasitas kecepatan data 250 Mbps, dan tahun ini dianggarkan Rp167 juta per bulan.

"Tahap awal kita mulai di delapan kantor pemerintahan selama enam bulan hingga akhir tahun ini, tujuannya untuk penghematan anggaran penyediaan koneksi internet dan dikelola secara terpadu," kata Eko, Kamis (28/9/2017).

Delapan kantor pemerintahan yang sudah dikelola Bagian Kominfo meliputi Sekretariat Wali Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perindustrian Koperasi UKM, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Pengelolaan jaringan internet kebutuhan instansi pemerintahan ini, Kominfo menggandeng PT Jala Lintas Media, dan sebelumnya sudah meminta pendampingan hukum dengan Kejaksaan Negeri Dumai dan konsultasi ke lembaga kebijakan pengadaan pemerintah (LKPP) serta Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau.

"Kerja sama dengan swasta ini melalui sistem katalog elektronik dan kami juga sudah meminta pendapat hukum dari kejaksaan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan," katanya lagi.

Program penyediaan koneksi internet ini, lanjutnya, juga merupakan upaya pengendalian anggaran kebutuhan akses internet di semua kantor pemerintahan, agar tidak boros karena sejauh ini menjadi kewenangan masing masing OPD.

Setelah tahap awal tahun ini, Kominfo Dumai berencana mengembangkan pengelolaan penyediaan jaringan internet ke delapan OPD lainnya agar bisa menghemat lebih banyak anggaran daerah untuk dimanfaatkan ke program kemasyarakatan.

Diharapkan, katanya lagi, program ini dapat dimanfaatkan OPD untuk menunjang kinerja menyukseskan pembangunan pemerintah, mengurangi beban belanja internet perkantoran dan secara bertahap sebagai kesiapan Dumai menuju Smart City. [Antara]

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index