Aktivis Muda Dumai Soroti Pembangunan Sekolah di Pinggiran

Aktivis Muda Dumai Soroti Pembangunan Sekolah di Pinggiran

DUMAI – Pendidikan adalah sarana untuk mencetak generasi penerus bangsa untuk menjadi manusia-manusia berkualitas. Sehingga sudah menjadi tugas negara dalam hal ini pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan sarana dan prasarana untuk menunjang jalannya aktivitas pendidikan tersebut.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh aktivis muda yang akrab disapa Saspri, menurutnya sangat memprihatinkan kondisi Sekolah Dasar yang berlokasi di kelurahan Basilam baru Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai. Hal ini sebenarnya tidak boleh terjadi sebagaiman di lokasi tersebut banyak perusahaan CPO berproduksi.

“Sebagai putra daerah, saya merasa Prihatin melihat Sekolah yang sangat tidak layak di Kecamatan yang banyak perusahaan CPO berproduksi. Bagaimana kita bisa menang bersaing dengan tenaga kerja dari luar kalau SDM kita sendiri tidak kita perhatikan,” ucap Saspri di Dumai (3/10/2017).

Pengamatan lapangan di kawasan Basilam Baru, bahwa Sekolah Dasar (SD) di Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan belum memdapat perhatian dari Pemerintah Kota Dumai.

Secara kasat mata kondisi bangku murid, atap dan dinding papan bangunan sekolah tersebut sudah tak layak dipergunakan sebagai tempat untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Apalagi dinding papan bangunan sudah lapuk karena dimakan usia.

“Sungai sembilan adalah kecamatan di mana saya dibesarkan, saya tahu benar bagaimana perkembangan tahap demi tahap kampung saya, namun untuk saat ini melihat kondisional pembangunan yang sangat pesat hingga Terkenal kecamatan sungai sembilan di kancah Nasional di bidang produksi CPO, namun kenapa kita lalai dengan dunia pendidikan ?," kata Saspri Prihatin.

Sebelumnya Walikota Dumai melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Drs H. Asyaari, MP sebagaimana dikutip dari kompasriau.com mengatakan, bahwa pada anggaran tahun 2018 kalau memungkinkan SD tersebut akan diusulkan dalam perencanaan pembangunan gedung permanen, (7/9/2017).

Menurutnya, pada prinsipnya Pemerintah Kota Dumai selalu memberikan perhatian pada pendidikan dan fisik sekolah yang ada di Kota Dumai.

Aktivis Muda Dumai ini berharap agar pemerintah segera ambil kebijakan untuk segera menangani pembangunan sekolah Dasar yang tidak layak tersebut.

“Saya berharap agar pemerintah segera ambil kebijakan untuk segera menangani pembangunan sekolah Dasar yang tidak layak tersebut jangan hanya selesai di wacana dan cerita saja. Sudah seharusnyalah Pemerintah Kota Dumai memprioritaskan pembangunan sekolah yang ada di pinggiran,” tutup Saspri.

Berita Lainnya

Index