Kampung Bungaraya Siak Ciptakan Program Bebas Buta Baca Tulis Al-Quran

Kampung Bungaraya Siak Ciptakan Program Bebas Buta Baca Tulis Al-Quran
Ilustrasi.net

SIAK - Kampung Bungaraya, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak mengaktifkan program Kampung Binaan Keluarga Sakinah (KBKS) untuk  menciptakan suasana keagamaan yang bebas dari buta baca tulis Al-Quran.

Penghulu (kepala desa) Kampung Bungaraya, Farid mengatakan, respon masyarakat cukup baik terhadap program ini, sebab para lanjut usia (Lansia) bisa belajar mengaji sampai mereka bisa di rumahnya dengan guru ngaji tradisional.

"Alhamdulillah, Lansia yang awalnya tidak bisa membaca Al-Quran, sekarang sudah bisa membaca Al-Quran," ujar Farid, dilansir Antarariau, Ahad (15/10/2017).

Dia menyebutkan, melalui program KBKS diharapkan dapat meningkatkan harmonisasi dalam keluarga, begitu juga dengan kehidupan bermasyarakat.

"Jika pengayoman beragama dalam keluarga baik maka bisa menciptakan keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah," harapnya.

Dia katakan, terkait pembinaan KBKS ini, pihaknya telah menganggarkan melalui dana Alokasi Dana Kampung (ADK) sebesar Rp100 juta. Ini sesuai dengan arahan dari pemerintah Kabupaten Siak untuk menggunakan dana desa secara tepat.

Camat Bungaraya Hendi Derhavin menyebutkan, tahun depan pihaknya akan mengusulkan Kampung Kemuning Muda menjalankan program serupa. Kendati demikian, ia tetap mengajak seluruh kampung bisa melaksanakan kegiatan religi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Berita Lainnya

Index