Kapal Legendaris KRI Dewaruci Pecahkan Rekor Dunia

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Pecahkan Rekor Dunia
Photo : Jpnn

KAPAL legendaris Dewaruci baru saja melakukan pelayaran bersejarah. Disebut-sebut memecahkan rekor dunia. Apa cerita?

Merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-72, tempo hari, sejumlah perwira tinggi aktif dan purnawiran TNI AL, AD, AU dan kepolisian berlayar dengan kapal Dewaruci.

Pun hanya dari Surabaya ke Jakarta, pelayaran ini digadang-gadang telah memecahkan rekor dunia. Apa sebab? Dewaruci membawa sebanyak 26 orang Laksamana dan 23 Kolonel.

"Sejak zaman Columbus sampai zaman tehnologi komputer digital sekarang ini, bahkan di atas kapal induk nuklir sekali pun, Perwira Tinggi yang ada hanya satu orang," ungkap C. Kowaas, penulis buku Dewaruci saat keliling dunia pertama kali pada 1964.

"Kalau lebih dari satu, itu tidak akan lebih dari hitungan jari-jari sebelah tangan. Itu pun keberadaannya di atas sebuah kapal tidaklah sebagai personil aktif yang ikut berlayar, tetapi sedang menghadiri suatu upacara resmi, atau acara Cocktail Party yang diselenggarakan oleh komandan kapal," sambungnya.

Jadi, yang baru saja dilakukan Dewaruci dalam pelayaran memperingati HUT RI 72, belum pernah dilakukan negara mana pun.

Ide "Gila" Peristiwa bersejarah ini rupanya bermula dari ide "gila" Capt. Gita Ardjakusuma, nakhoda kapal Phinisi Nusantara yang pernah mengharumkan nama Indonesia saat Vancouver Expo 1986.

Berita Lainnya

Index