• Follow Us On : 

HKN Ke - 53

Bupati Inhil Ikuti Jalan Sehat


Dedek Pratama | Minggu,12 November 2017 - 16:55:22 WIB
Dibaca: 521 kali 
Bupati Inhil Ikuti Jalan Sehat Bupati Inhil, HM Wardan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan menyerahkan doorprize kepada seorang siswa peserta jalan sehat

 

Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengikuti kegiatan jalan sehat yang ditaja Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke - 53 di lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Minggu (12/11/2017) pagi.

Selain Bupati, kehadiran siswa dan siswi dari berbagai jenjang pendidikan turut menambah semarak kegiatan jalan sehat yang disejalankan dengan peringatan Hari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ke - 67 dan hari Cuci Tangan Pakai Sabun.

Dalam sambutan sebelum dilakukannya pelepasan para peserta jalan sehat, Bupati mewakili Pemerintah Kabupaten Inhil mengatakan sangat mengapresiasi dan turut menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia menilai, kegiatan jalan sehat telah membantu pihak Pemerintah Kabupaten Inhil dalam bidang kesehatan. "Kesehatan merupakan sebuah investasi dan aset yang tak ternilai harganya", ujar Bupati.

Bupati mengimbau, kepada seluruh sekolah di semua tingkat pendidikan dan instansi pemerintah maupun swasta untuk mengimplementasikan cuci tangan pakai sabun.

"Mari kita masyarakatkan cuci tangan pakai sabun. Ini adalah kegiatan sedunia. Setiap sekolah jika perlu di setiap kelas sebelum masuk diterapkan cuci tangan dulu sebelum belajar", imbau Bupati.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan yang berkesempatan menyerahkan peralatan cuci tangan pakai sabun kepada 2 sekolah perwakilan mengatakan, tujuan kegiatan cuci tangan pakai sabun tidak lain adalah untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang melalui bakteri di tangan.

"Hari cuci tangan pakai sabun sedunia seyogyanya diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggalakkan cuci tangan pakai sabun, sehingga dapat mengurangi serangan penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan", paparnya.

Lebih lanjut, Zulaikhah Wardan mengatakan, kegiatan cuci tangan pakai sabun dapat dijadikan sebagai sarana kampanye kesehatan bagi setiap sekolah dan para siswanya untuk hidup sehat dalam kesehariannya.

"TP-PKK Inhil memberi bantuan alat cuci tangan pakai sabun. Saya mengingatkan kepada seluruh sekolah agar dapat menyediakan alat cuci tangan pakai sabun guna meningkatkan kesehatan masyarakat," pungkas Zulaikhah Wardan.

Bantuan sejumlah peralatan cuci tangan pakai sabun ini, diungkapkan Zulaikhah, merupakan satu langkah nyata Tim Penggerak PKK Inhil  dalam membantu pemerintah di bidang kesehatan dan memberikan pengetahuan tentang betapa pentingnya perilaku hidup sehat sejak dini. 

"Hal ini sederhana dan tidak perlu biaya mahal tapi dapat memberikan dampak yang luar biasa", tukasnya.

Wanita yang akrab disapa Ikha ini, juga menjelaskan, diare dan infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat masih menjadi ancaman nyata bagi kesehatan anak-anak di Inhil. "Oleh sebab itu mencuci tangan perlu dilakukan saat sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas", ungkapnya.

Pemberian edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui kegiatan sederhana, seperti mencuci tangan pakai sabun ini, juga dinilai Ikha perlu dilakukan di lingkungan keluarga. "Kegiatan cuci tangan ini diharapkan tidak hanya menjadi kegiatan ceremonial belaka tetapi dapat dijadikan gaya hidup di Inhil. Beritahukan kepada orang lain agar hal ini dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari", harap Ikha.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin mengutarakan, permasalahan kesehatan di Inhil semakin tahun semakin membaik. Ini dibuktikan dengan pemberian anugerah berupa penghargaan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesehatan kepada Bupati Inhil oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Pada kegiatan jalan sehat yang diisi dengan senam, kegiatan cuci tangan pakai sabun dan turut dimeriahkan dengan adanya pembagian doorprize dan hiburan ini, tampak hadir bersama Bupati Inhil, Ketua IDI Inhil, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin dan anggota Forkopimda lainnya, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. (Adv/Dex)

 


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Minggu,13 Agustus 2017 - 12:09:26 WIB

Pembukaan Festival Menongkah Heritage Tahun 2017, Bupati Wardan Nyatakan Ajang Menongkah Sebagai Sebuah Keunikan

  Tanah Merah - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan ajang menon

Selasa,06 Desember 2016 - 15:24:34 WIB

Begini Instruksi Bupati Amril Soal Pengawasan Pungli

BENGKALIS (WAHANARIAU) - Dalam rangka mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) di lingkungan Pemer

Minggu,01 Januari 2017 - 19:49:22 WIB

Program DMIJ Bupati Wardan Tingkatkan Pembangunan di Desa Selat Nama

Tanah Merah - Program Desa Maju Inhil Jaya yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hili

Jumat,24 November 2017 - 16:07:04 WIB

Bupati Inhil Buka Perkemahan Kemah Karya Kecamatan Keritang

Keritang - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka perkemahan karya, sekali

Jumat,26 Januari 2018 - 15:22:28 WIB

Bersama Gubri, Bupati Inhil Hadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

  Keritang - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri haul Syekh Abd

Selasa,05 Desember 2017 - 16:50:44 WIB

Bupati Ikuti Dialog Bersama Mahasiswa Inhil Di DIY

  Yogyakarta - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengikuti dialog bersam

BERITA LAINNYA
Senin,22 Oktober 2018 - 04:53:48 WIB

Pasca Penemuan Mayat Gantung Diri, Ratusaan Massa Datangi Polsek GAS Pertanyakan Hasil Visum

TEMBILAHAN - Ratusan massa sejak tadi sore sekira pukul 16.00 Wib mengepung Kantor Polsek Gaung Anak

Senin,22 Oktober 2018 - 01:07:55 WIB

Catat... Ini Lokasi Ujian CAT Peserta CPNS di Riau

PEKANBARU - Pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) d

Sabtu,20 Oktober 2018 - 02:37:50 WIB

Korupsi Pipa Transmisi Inhil, Tiga Ditahan dan Satu Tersangka Bakal Dijemput Paksa

PEKANBARU - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, menahan tiga tersangka kasus korupsi pipa

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI