• Follow Us On : 

Memeriahkan HKN ke 53 Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan


Redaksi | Sabtu,18 November 2017 - 15:35:50 WIB
Dibaca: 249 kali 
Memeriahkan HKN ke 53 Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan

ROKAN HILIR - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan kesehatan yang dipusatkan di halaman kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohil, serta di Lapangan Perteba Bagansiapiapi, Minggu (12/11/2017) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Rohil H Suyatno, Wakil Bupati Drs H Jamiludin, Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, Sekretaris Daerah Drs H Surya Arfan MSi, Forkopimda, Anggota DPRD Riau Siswadja Muljadi, Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Hj Wan Mardiana Suyatno, Wakil Ketua TP PKK Rohil Norainun Jamiludin, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rohil Hj Lena Surya Arfan dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Pada HKN kali ini, tema yang diangkat adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Dalam amanat Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr. Nila Farid Moeloek SpM (K) yang dibacakan Bupati Rohil, H Suyatno, bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang.

“Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga,” kata Bupati membacakan amanat Menteri Kesehatan RI.

Adapun rangkaian acara sempena memperingati HKN ke-53 di Rohil, diantaranya kegiatan aktivitas fisik melalui senam sehat bersama dan tari cuci tangan bersama, pemeriksaan kesehatan dan konseling gratis, pelayanan KB gratis, pameran oleh para insan kesehatan dan mitra kesehatan, kegiatan bazar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) makan buah dan sayur, donor darah, bude jamu, konseling HIV dan infeksi menular seksual.

Kemudian, juga dilakukan penyerahan sertifikat Puskesmas dan tenaga kesehatan teladan tingkat Rohil, penyerahan hadiah dan sertifikat posyandu terbaik tingkat Rohil, penyerahan sertifikat sembuh dari penyakit TB MDR (Multi Drugs Resistance), penyerahan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga, penyerahan sertifikat pemenang lomba pemanfaatan taman obat keluarga (TOGA) kepada kader kesehatan, penyerahan tiga unit ambulance kepada Puskesmas Tanjung Medan, Puskesmas Bortrem (Bagan Senembah Raya) dan Puskesmas Teluk Merbau, Kubu.

Selanjutnya pencanangan Germas, himbauan pemberian diskon kepada masyarakat oleh rumah sakit se Rohil, kegiatan Posyandu massal yang dilaksanakan Puskesmas Bagansiapiapi dan masyarakat, lomba senam jantung sehat yang dilaksanakan oleh Puskesmas Panipahan, kegiatan gerak jalan santai yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, serta hiburan dan kegiatan lainnya.

“Tadi ada tiga unit mobil ambulance yang sudah diserahkan. Mobil ambulance ini tentunya diharapan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk pelayanan kita kepada masyarakat dibidang kesehatan,” pesan Suyatno.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dahniar SKep MKes mengharapkan kepada masyarakat agar momentum HKN kali ini diharapkan bagaimana memasyarakatkan hidup sehat.

“Sehat itu penting, karena orang tidak akan bisa berbuat banyak tanpa sehat. Jadi Germas yang diharapkan tersebut tentu semua itu untuk aset bangsa, mulai dari aktivitas, gerak badan, pola makan, pola tidur, pola istirahat, intinya bagaimana kita mencegah sebelum sakit,” kata Dahniar menambahkan. (adv/jul)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,29 Desember 2016 - 15:45:42 WIB

Memeriahkan HUT ke 36 Tahun, Polres dan Satpam Gelar Donor Darah

TEMBILAHAN (WAHANARIAU) -- Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 36 Satuan Pengamanan (Satpam) yang

BERITA LAINNYA
Minggu,08 Oktober 2017 - 14:34:11 WIB

Bupati Inhil Hadiri Grebeg Suro 2017 Di Kecamatan Kempas

  KEMPAS-Bupati Inhil HM Wardan menghadiri peringatan Gema Muharram dalam rangka menyambut Tahu

Sabtu,07 Oktober 2017 - 14:31:20 WIB

Sekda Inhil Pimpin Rapat Persiapan MTQ Kabupaten Ke 47

  Tembilahan - Pemerintah kabupaten Indragiri hilir akan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran

Jumat,06 Oktober 2017 - 14:28:25 WIB

Bupati Inhil Lantik Kadisdukpencapil

  Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melantik Kepala Dinas Kepend


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI