Tinjau Proyek Pembangunan di Rupat Utara

Herliyan Saleh : Kelebihan Bayar Akan Diproses Secara Hukum

Herliyan Saleh : Kelebihan Bayar Akan Diproses Secara Hukum

BENGKALIS (WR) - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan pembayaran dana sebuah kegiatan pembangunan di pemerintah kabupaten Bengkalis harus benar-benar sesuai kondisi fisik di lapangan. Meskipun hanya satu rupiah, tidak boleh sampai terjadi adanya kelebihan bayar.

“Biar kurang bayar (terhutang, red). Bagi yang melanggar, selain akan diberi punishment (hukuman) sesuai aturan kepegawaian, juga akan diproses sesuai peraturan terkait lainnya. Saya akan minta aparat penegak hukum untuk menindaklanjutinya. Lebih-lebih jika kelebihan bayar itu ada unsur kesengajaan,” tegas Herliyan, seraya mengingatkan kelebihan bayar itu merupakan salah satu indikasi adanya korupsi.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas, Johansyah Syafri kepada wartawan, peringatan keras itu disampaikan Herliyan ketika memimpin rapat bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kantor Camat Rupat Utara, Tanjung Medang, Rabu (12/11) kemarin.

Didampingi Asisten I, H Amir Faisal dan Camat, H Syafruddin, rapat itu dilakukan Herliyan usai meninjau sejumlah kegiatan fisik pembangunan di sejumlah desa di Rupat Utara. Rapat yang berlangsung sekitar dua jam tersebut digelar di ruang pertemuan lantai II kantor camat Rupat Utara.

Agar tidak terjadi kelebihan bayar, Herliyan minta pihak yang terkait, seperti kepala SKPD dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk turun ke lapangan. Melihat dan mengecek langsung setiap pelaksaan kegiatan pembangunan yang menjadi tanggungjawabnya.

“Jangan percaya begitu saja dengan laporan Konsultan Pengawas dan Kontraktor Pelaksana. Sebelum dilakukan pembayaran, cek betul kebenaran dan sinkronkan terlebih dahulu laporan tersebut dengan riil kondisi fisik kegiatan yang telah selesai dilaksanakan Untuk itu ya mesti turun ke lapangan. Tidak bisa hanya duduk di belakang meja”, tegas Herliyan yang saat meninjau sejumlah proyek di Rupat Utara didampingi istri, Ny Hj Romaini Herliyan.

Di bagian lain, Herliyan minta seluruh kepala SKPD di Pemkab Bengkalis untuk mengambil langkah-langkah konkrit agar setiap penyelesaian kegiatan fisik pembangunan di tahun 2014 ini dapat dirampungkan tepat waktu. Harus sesuai rencana yang telah ditetapkan.

Diingatkan Herliyan, tahun anggaran 2014 tinggal kurang lebih 45 hari lagi. Karena itu jika saat ada kemajuan pelaksanaan atau pengerjaan kegiatan, terutama fisik pembangunannya belum seperti diharapkan, segera carikan solusinya sehingga penyelesaiannya dapat digesa. Tentunya akselerasi dimaksud. imbuhnya, tidak boleh mengurangi sedikitpun kualitas hasilnya. Tetap harus tepat mutu.

“Turun dan tinjau ke lapangan. Panggil PPTK, Konsultan Pengawas dan Kontraktor Pelaksananya. Agar dapat segera dapat dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, bantu carikan jalan keluar sehingga dapat diselesaikan tepat waktu”, pesan Herliyan.

Kemudian, Herliyan juga membahas tentang laporan keuangan dan aset. Keduanya mesti dilaporkan sesuai kondisi yang sebenarnya. Begitu pula pelaksanaan managemen atau penatusahaan aset serta laporan pertanggungjawaban keuangan. Laporan keuangan di masing-masing SKPD, sambungnya, tidak boleh dibuat karena ingin memenuhi tuntutan atau disesuaikan dengan fakta integritas yang telah dibuat.

Demikian juga laporan pertanggungjawaban keuangan. Per 31 Desember seluruh pertanggungjawaban keluangan mesti clear sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan. “Sebagai contoh, per 31 Desember seluruh UYHD (Uang Yang Harus Dipertanggungjawabkan) sudah harus nol. Bagi yang melanggar akan saya beri penalty. Tolong disampaikan kepada Kepala SKPD yang kebetulan tidak bisa hadir dapam pertemuan ini,” pesan Herliyan.

Selain Kepala Bappeda Jondi Indra Bustian, Kepala Dinas Pendapatan Daerah H Umran, Kadis Perkebuhan dan Kehutanan H Herman Mahmud, Kadis Pendidikan H Herman Sani, Kadis Pekerjaan Umum HM Nasir, Kadis Cipta Karya Emri Juli Harnis, sejumlah Kelapa Dinas/Badan di Pemkab Bengkalis juga ikut hadir dalam pertemuan yang juga dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan H Hermanto Baran tersebut.

Di antaranya Kadis Pertanian dan Peternakan H Arianto, Kadis Sosial Darmawi, Kadis Kesehatan H Mohd Sukri, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Renaldi, Kadan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa H Ismail, Kepala BKD Erinaszal, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga H Eduar, dan Kadistamben Heri Indra Putra. (rls)

Berita Lainnya

Index