• Follow Us On : 

DPRD Rohil Gelar Sidang Paripurna Pengesahan Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2016


Redaksi | Jumat,08 September 2017 - 17:41:13 WIB
Dibaca: 297 kali 
DPRD Rohil Gelar Sidang Paripurna Pengesahan Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2016 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir menggelar sidang paripurna pengesahan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Tahun 2016.

ROHIL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir menggelar sidang paripurna pengesahan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Tahun 2016 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Sidang yang digelar di Aula sidang DPRD Rohil pada hari Rabu (06/09/2017) tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan.

Sidang Paripurna diawali dengan disampaikannya laporan Pansus DPRD Rohil tentang Ranperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Rohil yang disampaikan oleh, H Bachtiar.

Dalam penyampaiannya, Backhtiar mengatakan bahwa panitia pansus DPRD Rohil tentang Ranperda pertanggungjawaban ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan DPRD Rohil Nomor 14 tahun 2016.

Pansus diberikan tugas atau mandat untuk mendalami serta melakukan sinkronisasi terhadap ranperda tersebut sehingga ranperda yang akan disahkan menjadi perda dapat sejalan dengan regulasi yang berlaku.

"Kami dari anggota DPRD Rohil memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyampaikan Ranperda  Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Rokan Hilir Tahun 2016, meskipun terlambat dari waktu yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Terima kasih juga atas kerja sama tim anggaran pemerintah dan tim pansus DPRD yang telah bersama-sama membahas Ranperda ini," Kata Bachtiar.

Pendapat akhir Fraksi tentang Ranperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Rokan Hilir Tahun 2016 secara prinsipnya sudah audeted oleh BPK RI perwakilan propinsi Riau, maka fraksi-fraksi dapat menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Rohil Tahun 2016 untuk ditetapkan menjadi Perda. Namun seblumnya pihak legislatif memberikan beberapa saran dari masing-masing fraksi.

Dari Fraksi Partai Golkar, meminta agar Pemerintah Daerah harus memiliki langkah kongkrit dalam menertibkan aset daerah yang sampai saat ini belum terdata secara pasti. Selain itu fraksi Golkar juga meminta Pemda Rohil berinovasi dan kreatif dalam mencari terobosan guna meningkatkan PAD.

Sementara dari Fraksi PDI Perjuangan mengharapkan Pemda Rohil dalam menjalankan program dapat memiliki output, outcome, impact maupun benefit yang jelas, bukan sekedar menghabiskan anggaran. Selain itu, Fraksi PDI P minta Pemda Rohil dapat menindak lanjuti semua rekomendasi BPK RI atas LHP keuangan Rohil Tahun 2016.

Sedangkan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengharapkan Pemda Rohil dapat mengoptimalkan pengawasan dan efesiensi anggaran, mengingat trend APBD yang terus menurun.

Sementara Fraksi Gabungan Nurani Nasionalis mengharapkan Pemda Rohil dapat meneruskan revitalisasi bangunan-bangunan yang terbengkalai akibat putus kontrak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan juga diharapkan untuk dapat memperbaiki jalan-jalan pedesaan yang sudah hancur.

Terakhir pesan dari Fraksi Gabungan Nasional Persatuan Indonesia mengharapkan Bapenda Rohil dapat melakukan optimalisasi pajak dan retribusi daerah guna peningkatan PAD.

Selain itu fraksi GNPI ini megharapkan Pemda Rohil untuk meningkatkan pelayanan RSUD dan dinas Kesehatan serta memperhatikan kesejahteraan tenaga medis, non medis serta tenaga guru.

Usai penyampaian pandangan fraksi, maka paripurna dilanjutkan dengan pembacaan draf keputusan oleh Wakil Ketua DPRD Rohil, Syarifudin MM.

Isi Draf keputusan yang disampaikan tersebut pada intinya menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2016.

Setelah disetujui oleh seluruh anggota DPRD Rohil, Draf Keputusan Perda ditandatangani oleh Ketua DPRD, wakil ketua dan pihak Pemda Rohil serta diserahkan ke Pemkab Rohil.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, H Surya Arfan mengatakan bahwa berkat kerja keras pihak legislatif secara bersama-sama dengan pihak Pemkab Rohil sehingga Ranperda ini dapat disahkan menjadi Perda.

"Saya percaya, tanpa kerja sama yang baik antara pihak Legislatif dengan Eksekutif melalui musyawarah dan mufakat, maka penyelenggaran pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak akan dapat berjalan dengan baik sebagai mana yang diharapkan," Kata Surya Arfan.

Sidang dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan, Sekda Rohil, H Surya Arfan, wakil Ketua DPRD, Suyadi SP, Syarifudin. MM, Abdul Kosim, para kepala OPD, Plt Sekwan, Firdaus serta para Anggota DPRD Rohil dan para Staf dilingkungan Pemkab Rohil. (Jul)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Sabtu,21 Januari 2017 - 20:56:04 WIB

DPRD Kuansing Diminta Konsisten Tindak PETI

TELUKKUANTAN (WAHANARIAU) - DPRD Kuansing berharap Pemkab Kuansing konsisten dalam melakukan peninda

Sabtu,14 Oktober 2017 - 20:02:00 WIB

Komisi III DPRD Inhil Akan Panggil PT. SRL

  TEMBILAHAN -  Bencana banjir akibat genangan air hujan di Dusun Cabang Galah, Desa Mumpa

Selasa,29 Agustus 2017 - 10:44:18 WIB

Komisi II Terima Kunjungan Anggota DPRD Batang Hari

INHIL - Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil

Senin,20 November 2017 - 00:36:46 WIB

Ini Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Inhil Terhadap RAPBD 2018

TEMBILAHAN - DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Rapat Paripurna ke-10 masa persidangan

Rabu,15 November 2017 - 20:17:37 WIB

Komisi A DPRD Rohil Tampung Keluhan Bidan PTT

ROHIL - Puluhan Bidan PTT mendatangi DPRD Rohil melakukan audiensi terkait gaji mereka. Bidan PTT ya

Rabu,09 Agustus 2017 - 10:24:46 WIB

DPRD Inhil : Penyelamatan Kebun Kelapa Terancam Gagal

INHIL - Upaya penyelamatan kebun kelapa rakyat untuk tahun anggaran 2017 Kabupaten Indragiri Hilir t

BERITA LAINNYA
Rabu,18 Juli 2018 - 23:36:49 WIB

New Ruckus R730 is the First IoT- and LTE-ready 802.11ax Access Point for Stadiums, Public Venues, Train Stations and Schools

Company also launches Ultra-High Density Technology Suite that enhances network performance and WPA3

Rabu,18 Juli 2018 - 23:29:58 WIB

Light Rail Transit, Angkutan Massal Untuk Mewujudkan Interkoneksi Antarmoda

JAKARTA - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) merupakan bagian dari sistem angkutan massal dan sala

Rabu,18 Juli 2018 - 13:04:01 WIB

Kepala Daerah Yang Maju Capres/Cawapres Harus Kantongi Izin Presiden

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan, kepala daerah yang akan maju menjadi c

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI