Ada 220.000 PNS Pensiun, Berapa Jumlah Lowongan CPNS 2018?

Ada 220.000 PNS Pensiun, Berapa Jumlah Lowongan CPNS 2018?

JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih menunggu usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Masih ada beberapa pemerintah daerah (Pemda) yang belum mengajukan formasi yang dibutuhkan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan karena belum semua Pemda menyerahkan usulan formasinya, maka pemerintah pusat juga belum bisa menyatakan berapa jumlah pasti lowongan CPNS 2018 yang akan dibuka.

Herman bilang setelah semua Pemda telah memberikan usulannya, barulah pihaknya bisa mengumumkan jumlah pasti lowongan CPNS. Saat ini, kata Herman, pihaknya masih menghitung penetapan formasi tersebut.

"Belum ada perkembangan, karena masih menunggu penetapan formasi," kata Herman kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Walau belum bisa memastikan jumlah lowongan yang dibutuhkan, namun Herman mengatakan, penetapan formasi dihitung berdasarkan jumlah pegawai yang telah pensiun. Pembukaan seleksi CPNS ini untuk menutupi kebutuhan para pegawai yang telah memasuki masa pensiun di periode 2016/2017. 

"Karena tahun 2018 ini ada lebih kurang 220.000 PNS yang pensiun. Untuk mengisi ini kita coba membuat secara detil unit-unit mana saja yang kita butuhkan untuk mengisi CPNS kita," katanya.

Rencananya pemerintah akan membuka lowongan sebanyak 50% dari jumlah pegawai pensiun pada periode tersebut. Artinya, lowongan CPNS 2018 bakal dibuka sekitar 110 ribu lowongan.***

Sumber : detikFinance

Berita Lainnya

Index