6 Tangki Timbun CPO Milik PT IBP Tumbang

6 Tangki Timbun CPO Milik PT IBP Tumbang

WahanaRiau - Dumai - Tangki timbun berisi minyak CPO milik perusahaan PT. Inti Benua Perkasatama (IBP) yang beroperasi di kelurahan Lubuk Gaung kecamatan Sungai Sembilan, tumbang dan memenuhi aliran parit, Ahad (16/11). Sontak, kejadian ini membuat warga sekitar berdatangan dan mengambil minyak CPO itu untuk dimasukkan ke dalam drum hingga berjejer di pinggiran parit tersebut.

Pantauan wartawan di lapangan, ratusan masyarakat tampak berlomba-lomba mengambil tumpahan minyak tersebut di kanal perusahaan. Kondisi ini membuat macet arus lalu lintas, sehingga petugas keamanan dari perusahaan diperbantukan untuk mengatur lalu lintas.

Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen, kepada wartawan membenarkan insiden robohnya tangki timbun yang berisi ribuan ton minyak CPO milik perusahaan PT. Inti Benua Perkasatama tersebut. Pihaknya juga sudah memerintahkan perusahaan untuk mengantisipasi secepat mungkin insiden ini agar tumpahan minyak tidak menyebar di laut.

"Kita menerima laporan dari masyarakat setempat. Kejadian ini sendiri merupakan pertama kalinya terjadi di perusahaan PT. IBP. Sebelumnya, tangki timbun muatan cangkang sawit hingga menelan korban jiwa, tapi kalau sekarang ini tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya tumpahan minyak CPO. Kami dari kecamatan sudah meminta kepada perusahaan untuk secepat mungkin menangani

Sementara itu, kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, Bambang Suryanto ketika dikonfirmasi, mengatakan bahwa pihak menerima kabar insiden tumbangnya tanki CPO milik PT IBP. Bambang menyebutkan, jumlah tangki timbun yang tumbang itu ada enam. Sedangkan, masing-masing tangki itu memiliki daya isi sebanyak 3000 ton minyak CPO.

"Jumlah tangki timbun yang tumbang itu ada enam. Itu sesuai dengan peninjauannya saya bersama Tim LH Dumai. Dari enam tangki timbun yang tumbang itu, satu tangki diketahui berisi minyak CPO dan akhirnya meluber hingga ke lingkungan," katanya.

Kemudian ketika disinggung apakah perusahaan PT. Inti Benua Perkasatama sudah melaporkan atau mengkoordinasikan masalah ini, Bambang mengaku sudah menerima laporan dan akhirnya pihaknya turun ke lapangan guna meninjau lokasi kejadian.

"Sudah, dia sudah memberitahukan masalah ini ke kita. Kami juga sudah mengambil sampel tumpahan CPO yang melebar hingga ke pemukiman penduduk," jelas Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai. (***)

Berita Lainnya

Index