• Follow Us On : 

Sosialisasi Inpres No 7/2017, Seskab: Semua Peraturan Menteri Harus Dikonsultasikan Dengan Menko


Redaksi | Rabu,28 Februari 2018 - 10:34:34 WIB
Dibaca: 289 kali 
Sosialisasi Inpres No 7/2017, Seskab: Semua Peraturan Menteri Harus Dikonsultasikan Dengan Menko Seskab Pramono Anung bersama peserta Sosialisasi Inpres No. 7 Tahun 2017 dan Perseskab No. 1 Tahun 2018, di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (27/2/2018) siang. (Foto: JAY/Humas)

JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, inti dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pengambilan, Pengawasan, dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan di Tingkat Kementerian Negara Dan Lembaga Pemerintah adalah bagaimana Presiden bisa mengambil keputusan yang lebih akurat, lebih cepat, lebih gampang, dan semuanya dikoordinasikan melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) masing-masing. 

“Semua Peraturan Menteri harus dikonsultasikan dengan Menko terkait, jangan mempunyai tugas fungsi yang melebihi tupoksinya,”  kata Seskab saat membuka Rapat Koordinasi Implementasi Inpres No.7 Tahun 2017 di Ruang Rapat Seskab, Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, (27/2/2018) siang.

Seskab mengingatkan, setiap kebijakan atau regulasi yang dikeluarkan harus melalui kajian yang mendalam dan jangan membuat kebijakan yang dianggap akan menyulitkan masyarakat. Karena itu, tidak boleh ada kebijakan atau regulasi yang bersifat sektoral dan tidak memberikan nilai tambah pada pertumbuhan ekonomi.

Untuk melaksanakan kelancaran Inpres tersebut, lanjut Pramono, melalui Peraturan Sekretaris Kabinet (Perseskab) Nomor 1 Tahun 2018, diatur pedoman persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil Sidang Kabinet supaya lebih memudahkan  di dalam monitoring terhadap keputusan yang dilakukan oleh Presiden.

“Jangan sampai Presiden sudah memutuskan dalam Sidang Kabinet, ternyata implementasinya pada eselon I, II di kementerian/lembaga itu tidak berjalan dengan baik,” tutur Seskab Pramono Anung.

Untuk itu, lanjut Seskab, pihaknya sudah me-launching aplikasi Sistem Informasi Tindak Lanjut Arahan Presiden  (SITAP), agar pelaporan tindak lanjut arahan Presiden dapat dilaksanakan secara sistematis, cepat, dan mudah.

Seskab meminta kepada para Sekretaris Kementerian, Sekretaris Jenderal, dan Pejabat Eselon I kementerian terkait, betul-betul menindaklanjuti arahan Presiden tersebut agar apa yang diharapkan oleh Presiden dan Wakil Presiden dan keputusan Sidang Kabinet bisa berjalan dengan baik.

“Kami betul-betul mengharapkan kerja sama dari Bapak/Ibu sekalian agar kita bisa memberikan yang maksimal dalam hal-hal yang berkaitan dengan putusan-putusan menteri, dan putusan-putusan Presiden,” tegas Seskab.

Terapkan dengan Benar
Sebelumnya Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Ratih Nurdiati dalam laporannya mengatakan, untuk menindaklanjuti Inpres Nomor 7 Tahun 2017, Seskab Pramono Anung telah mengeluarkan Perseskab Nomor 1 Tahun 2018 yang menjadi pedoman operasional, dan format rencana kerja kebijakan yang simpel dengan meluncurkan instrumen pendukungnya secara IT, yaitu SITAP.

“SITAP ini kami susun selama sebulan dengan mengunjungi kementerian/lembaga yang terkait untuk mendapatkan masukan-masukan, baik untuk SITAP-nya maupun untuk muatan dari Perseskab No. 1 Tahun 2018,” jelas Ratih seraya menambahkan SITAP ini dibuat agar sederhana, cepat, dan mudah secara pelaporan dari tindak lanjut kebijakan yang diputuskan oleh Presiden.

Dengan adanya SITAP, lanjut Waseskab, diharapkan agar Presiden dapat memantau sejauh mana arahan telah ditindaklanjuti, dan kendala apa yang menjadi penghambatnya.

Karena itu melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Waseskab berharap agar kementerian dan lembaga dalam pengambilan kebijakan di masing-masing instansi dapat menerapkan Inpres Nomor 7 Tahun 2017  itu dengan benar, baik dari segi tahapan maupun segi prosesnya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator, Sekretaris Jenderal, Sekretaris Kementerian, dan Pejabat Eselon di lingkungan Lembaga Kepresidenan.***

Sumber : setkab


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,27 Juli 2017 - 22:11:14 WIB

Pemerintah Akan Bangkitkan Sosialisasi Bela Negara Bersifat Kekinian

JAKARTA (WR) - Pemerintah akan membangkitkan kembali sosialisasi bela negara yang bersifat kekinian

Rabu,02 Mei 2018 - 17:26:58 WIB

BNK Kampar Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

KAMPAR - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kampar kembali gelar sosialisasi tentang penyalahg

BERITA LAINNYA
Sabtu,23 Juni 2018 - 02:43:38 WIB

Ini Rekam Jejak Dirut BEI Baru

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan Inarno Djajadi sebagai Direktur Utama PT Bur

Sabtu,23 Juni 2018 - 02:33:18 WIB

Ini Tanggapan Rossi Soal Kemenangan Galang Hendra di Brno

JAKARTA - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi ternyata memantau keberhasilan mantan anak didik

Sabtu,23 Juni 2018 - 02:10:36 WIB

Panwaslu Minta KPU Dumai Segera Lengkapi Kekurangan Surat Suara Pilgubri

DUMAI - Divisi Pengawasan Panitia Pengawas Pemilu Kota Dumai Agustri minta KPU setempat melengkapi k


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI