Mahasiswa Polbeng Bakal Gelar Seminar Pengurusan Label Halal

Mahasiswa Polbeng Bakal Gelar Seminar Pengurusan Label Halal

BENGKALIS - Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis jurusan Administrasi Bisnis semeter akhir akan menggelar seminar Pengurusan Izin Dinas Kesehatan dan Sertifikasi Halal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bengkalis, Kamis, 22 Maret 2018 mendatang.

Akan diselenggarakan di aula Politeknik Jalan Bathin Alam Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, seminar juga akan diisi dengan pembagian doorprize.

"Dari seminar yang akan dilaksanakan, kami ingin memudahkan UMKM dan UMK di Kabupaten Bengkalis  untuk mendapatkan pengurusan izin Dinas Kesehatan dan sertifikasi halal. Tujuannya agar produk yang beredar di masyarakat terjamin mutunya," ungkap Suryani sebagai ketua pelaksana.

BACA : Akna Juwita Nahkodai DWP dan GOP-TKI Bengkalis

Selanjutnya, mengingat mulai tahun 2019 produk tanpa sertifikat halal dilarang beredar di Indonesia atas dasar Undang-Undang tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH), Suryani berpendapat bahwa implikasi dari UU tersebut mestinya diantisipasi sejak dini dengan cara memahami proses pengajuan sertifikasi halal terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mengurus sertifikasi halal lebih awal tanpa menunggu tahun 2019.

“Kami yang terdiri dari 3 orang ini melihat Informasi di media bahwa mulai 2019 produk tanpa sertifikat halal dilarang beredar di Indonesia. Walaupun mulai diberlakukan tahun 2019, tapi persiapan dan prosesnya bisa dilakukan saat ini, karena lebih cepat tercantumnya lebel halal pada suatu produk, maka akan lebih baik, sehingga menarik minat pembeli,” ucap Suryani.

Dengan uang pendaftaran untuk UMKM dan UKM sebesar Rp25.000 serta pebisnis pemula Rp20.000, peserta seminar nantinya akan mendapakan paparan materi dari Kasi Pelayanan Sosial Dasar Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPOOM MUI) Kabupaten Bengkalis, Erdila Ditruyadi dan Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Efrina Dewi.

BACA : Pemkab Bengkalis Optimis Raih WTP

Berita Lainnya

Index