Ada Dimana Naskah Supersemar...?

Misteri...! Supersemar Versi Jenderal M Jusuf & Debat Panas Pembubaran PKI

Misteri...! Supersemar Versi Jenderal M Jusuf & Debat Panas Pembubaran PKI
m jusuf. ©2017 buku. jenderal m jusuf panglima para prajurit

JAKARTA - Surat Perintah Sebelas Maret adalah titik awal kejatuhan Presiden Soekarno. Supersemar, begitu biasa disingkat adalah perintah tertulis dari Presiden Soekarno pada Jenderal Soeharto untuk memulihkan keamanan dan ketertiban setelah peristiwa G30S PKI tahun 1965.

Saat itu rakyat menuntut Soekarno membubarkan PKI. Harga kebutuhan barang pokok terus naik dan pemerintah Orde Lama dinilai tak mampu menjalankan pemerintahan.

Supersemar itulah yang dijadikan legitimasi oleh Jenderal Soeharto segera bergerak membubarkan PKI. Dalam waktu singkat TNI AD yang dibantu unsur-unsur masyarakat antikomunis menghabisi kekuatan PKI yang tersisa.

BACA : Percepatan Eksekusi Mati Bandar Narkotika

Pelan-pelan situasi berubah. Kekuasaan Soekarno makin meredup dan Jenderal Soeharto makin berkuasa. Puncaknya adalah ketika MPRS bersidang mengakhiri kekuasaan Soekarno yang dulu diangkat menjadi presiden seumur hidup.

Namun hingga kini, naskah Supersemar asli tak pernah ditemukan. Siapa yang menyimpannya tak diketahui.

Ada tiga jenderal yang berangkat ke Istana Bogor tanggal 11 Maret 1966. Brigadir Jenderal M Jusuf, Mayor Jenderal Amir Machmud dan Brigadir Jenderal Basuki Rahmat.

BACA : Setya Novanto Bantah Minta Dipasang Perban dan Jarum Infus Anak-anak

#Misteri

Index

Berita Lainnya

Index