Jokowi Apresiasi Penangkar Burung di Berbagai Daerah

Jokowi Apresiasi Penangkar Burung di Berbagai Daerah
Presiden Jokowi menyerahkan hadiah kepada pemenang dalam acara Festival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi tahun 2018 di Kebun Raya Bogor, Ahad (11/3/2018). (Foto: BPMI).

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi banyaknya penangkaran burung di berbagai daerah. Selain memberikan ruang bagi penggemar burung, penangkaran juga bisa menjaga spesies burung dari kepunahan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Festival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi tahun 2018 yang dihelat di Kebun Raya Bogor, Ahad (11/3/2018).

“Tadi ada penangkaran murai, ada penangkaran kolibri, jalak. Contoh jalak bali, dulu akan punah. Sekarang setelah ditangkarkan jumlahnya banyak sekali,” ujar Presiden.

BACA : BEM Seluruh Indonesia Tantang Cagub Diskusi

Presiden menambahkan Indonesia memiliki keanekaragaman burung yang sangat tinggi di dunia. Berdasarkan data Burung Indonesia (2017), jumlah jenis burung di Indonesia tercatat 1.769 jenis.

Tercatat 531 jenis burung yang statusnya dilindungi, antara lain jenis elang, jalak bali, rangkong gading, kasuari, gelatik jawa, cucak rawa, dan lain-lain.

Selain itu Indonesia juga memiliki jumlah burung endemik tertinggi di dunia. Di Indonesia tercatat lebih dari 372 jenis burung endemik, yaitu jenis burung yang tidak dapat ditemukan di negara lain di dunia

BACA : Ombudsman Ungkap 4 Instansi Ini Paling Sering Diadukan Warga

Berita Lainnya

Index