Pesantren Pendukung Utama Pembentukan Karakter Bangsa

Pesantren Pendukung Utama Pembentukan Karakter Bangsa
Presiden Jokowi saat akan kunjungan ke Cirebon menggunakan CN-295 TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Ahad (11/3/2018). (Foto: BPMI)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pesantren merupakan pendukung utama dalam pembangunan karakter bangsa.

Hal tersebut diungkapkan ketika ditanya wartawan saat menghadiri Festival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi Tahun 2018 di Kebun Raya Bogor, Ahad (11/3/2018).

“Hal-hal yang berkaitan dengan akhlak, sikap, perilaku, etika, nilai-nilai, norma-norma, itu ada dan dibangun sangat baik di pondok pesantren,” ujarnya.

BACA : Jokowi Apresiasi Penangkar Burung di Berbagai Daerah

Presiden juga menambahkan bahwa pesantren memang memerlukan perhatian dari pemerintah, terutama dari sisi fasilitas. Ia menambahkan bahwa ekonomi umat di pondok yang sudah memiliki komunitas bisnis juga harus segera dilibatkan.

“Setiap ke daerah saya selalu berkunjung ke satu hingga tiga pondok untuk melihat secara langsung. Problem-problem banyak disampaikan oleh kiai pimpinan pesantren. Ini semakin memperbanyak dan memperkuat pemahaman kita mengenai masalah di ponpes,” lanjut Presiden.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi selalu menyempatkan diri berkunjung ke pondok pesantren ketika melakukan kunjungan kerja. Termasuk ketika berkunjung ke Provinsi Jawa Timur pada 8-9 Maret lalu.

BACA : BEM Seluruh Indonesia Tantang Cagub Diskusi

Berita Lainnya

Index