Dukungan Besar Pemerintah Pusat Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Dispersip Dumai Terima Satu Unit MPK Berbasis Multimedia dari Perpusnas RI

Dispersip Dumai Terima Satu Unit MPK Berbasis Multimedia dari Perpusnas RI
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai, Suryanto SP

DUMAI - Setelah melalui perjalanan panjang selama enam bulan, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai mendapat dukungan besar dari Pemerintah Pusat dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Pemko Dumai melalui Dispersip terima batuan (Hibah) satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) berbasis Multimedia dari Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI).

Selain MPK bermerk Toy Hilux tipe 2.0 berwarna Biru Kombinasi, MPK juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung pembelajaran. Seperti koleksi buku sebanyak 400judul dengan total 800 eksemplar berikut kartu katalog dan daftar buku yang ada, masing-masing satu unit digital signage TV LED 32 inch, genset, laptop 14 inch, modem, proyektor dan layar proyektor.

Bantuan MPK, koleksi buku, dan perlengkapan multimedia senilai Rp398,5 juta ini, sejatinya merupakan realisasi dari usulan bantuan MPK pada 2017 yang disampaikan DPK Kota Dumai kepada Perpusnas.

Photo: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Dumai, Suryanto SP berada di depan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) usai melewati pernjalanan panjang Jakarta - Dumai. (Photo : Adhari/Wahanaria)

Kepala Dispersip Kota Dumai Suryanto, SP mengatakan, MPK, koleksi buku, dan perlengkapan multimedia merupakan bantuan (Hibah) dari Perpusnas kepada Pemko Dumai melalui Dispersip. MPK itu sekarang statusnya sudah beralih menjadi Aset Pemko Dumai.

Sebelum resmi dioperasikan, MPK itu rencananya akan digelar serah terima secara simbolis oleh Kepala Perpusnas, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, kepada Walikota Dumai, Drs. Zulkifli AS M.Si, yang nantinya akan diselenggarakan di Dumai.

"Mobil sudah kita bawa ke Dumai beberapa hari lalu dan sudah tandatangan berita acara serah terima di Jakarta. Namun MPK belum kita gunakan, kita menunggu jadwal pak wali (Drs. Zulkifli AS M.Si) dan jadwal Kepala Perpusnas (Drs. Muhammad Syarif Bando, MM) turun ke Dumai." ungkap Suryanto diruang kerjanya, Senin (12/3/2018).

Lebih lanjut Suryanto mengatakan, MPK ini nantinya tidak hanya dioperasikan di pusat kota saja. Armada keliling ini harus menjangkau sampai pelosok wilayah Kota Dumai.

"Masyarakat yang kesulitan mengakses informasi serta kesulitan datang ke perpustakaan, dapat dengan mudah melalui hadirnya mobil perpustakaan keliling tersebut," ungkap mantan Kepala Dinas Pertanian ini.

Diharapkan keberadaan MPK ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat, utamanya generasi muda. Apabila mobil ini selalu datang ditengah-tengah masyarakat terutama pelosok kota yang kesulitan mendapatkan akses informasi, tentunya semakin banyak masyarakat yang melek informasi dan bisa menimba ilmu lain selain buku bacaan. 

"Karena mobil ini juga dilengkapi perlengkapan multimedia lainnya, seperti TV LED, laptop, modem, proyektor dan layar proyektor, bahkan ada genset untuk fasilitas listriknya," beber dia.

Sementara itu, dengan stimulan bantuan MPK tersebut, Dispersip Kota Dumai dapat memberikan layanan informasi dan pengembangan wawasan masyarakat secara luas menjadi lebih mudah. "Untuk mobil ini sudah menggunakan mesin double gardan, sehingga menjangkau daerah-daerah terpencil, bermedan berat," pungkasnya.

(Adv/Adv)

#Dispersip Dumai

Index

Berita Lainnya

Index