Bupati Inhil Minta Disdik Persiapkan Database Kebutuhan Operasional Sekolah

Bupati Inhil Minta Disdik Persiapkan Database Kebutuhan Operasional Sekolah

 

Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta Dinas Pendidikan (Disdik) mempersiapkan database terkait kebutuhan operasional setiap sekolah di Kabupaten Inhil.

Hal ini diungkapkan Bupati sebagai bentuk respons atas keluhan salah seorang tenaga kependidikan dalam kegiatan rembug pendidikan Strategi Pemenuhan 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan, di Gedung Puri Cendana, Tembilahan, Minggu (17/12/2017).

Persiapan database dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan operasional yang selama ini menjadi hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.

"Yang terpenting bagi Saya adalah Dinas Pendidikan memiliki database kebutuhan masing - masing sekolah. Data tentang sarana dan prasarana, fasilitas penunjang, seperti kebutuhan sumur bor, ruangan - ruangan dan lain sebagainya," papar Bupati.

Disamping itu, Bupati memandang, urgensi dari ketersediaan database kebutuhan operasional adalah sebagai dasar penyusunan rencana strategis dan penetapan skala prioritas sekolah.

"Jadi, setiap rencana strategis dapat disusun secara terukur, biar bisa menetapkan skala prioritas. Ini, perlu diperhatikan oleh Dinas Pendidikan," imbau Bupati.

Database kebutuhan operasional, menurut Bupati, diasumsikan dapat menjadi basis estimasi perencanaan anggaran yang akan dialokasikan setiap tahun anggaran.

Selain itu, ihwal keperluan jumlah dana pemenuhan kebutuhan, Bupati mengharapkan kepada pihak sekolah untuk bergerak aktif menjalin koordinasi drngan berbagai pihak guna memperoleh pembiayaan alternatif.

"Ketika alokasi yang wajib melalui APBN, APBD Provinsi maupun Kabupaten sudah terserap 100 persen. Sementara, masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, untuk itu pihak sekolah juga harus pro - aktif memperoleh dana alternatif meski bukan sebuah kewajiban yang harus dilakukan," terang Bupati.

Rembug pendidikan yang digelar perdana ini, berlangsung cukup interaktif. Disepanjang kegiatan, para peserta rembug yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan melontarkan begitu banyak pertanyaan kepada Bupati Inhil, HM Wardan. Tak ayal, pertanyaan - pertanyaan tersebut pun dilahap habis oleh Bupati hingga kegiatan berlangsung relatif lama. (Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index