Bakal Dilepasliarkan

BBKSDA Evakuasi Buaya Dua Meter yang di Tangkap Warga Kempas Inhil

BBKSDA Evakuasi Buaya Dua Meter yang di Tangkap Warga Kempas Inhil
Buaya yang ditangkap warga

TEMBILAHAN - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Jum'at (30/3/2018), mengevakuasi buaya berukuran 2 meter yang ditangkap warga Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (29/3/2018) sekira pukul 14.00 Wib lalu.

Sebelumnya, buaya tersebut muncul di bawah jembatan tempat pemandian anak-anak. Kemudian warga berinisiatif menangkap buaya tersebut menggunakan tali, dengan maksud untuk mengamakannya agar masyarakat tidak takut dan tidak terjadi korban.

BBKSDA menjemput buaya tersebut di rumah seorang warga bernama Sadiman. Pria inilah yang pertama kali melihat buaya tersebut berada di parit di bawah jembatan dekat rumahnya.

BACA : Warga Kempas Tangkap Buaya 2 Meter di Jembatan

"Buaya tersebut sudah diserahkan warga ke petugas Wilayah I. Saat ini buaya tersebut dalam perjalanan dari Indragiri Hilir ke Pekanbaru," ucap Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Jumat (30/3/2018) sebagaimana dikutip Riausky dari Okezone.

Buaya saat diamankan warga Kempas, Indragiri Hilir.

Setibanya di Kantor BBKSDA yang ada di Jalan HM Subrantas Pekanbaru, satwa bernama latin crocodylus porosus ini akan diperiksa kesehatannya. Nantinya hewan buas ini akan dilepasliarkan.

"Nantinya akan singgah di klinik. Kita apresiasi sikap warga yang sukarela menangkap buaya dan menyerahkannya ke BBKSDA. Buaya merupakan satwa yang dilindungi," imbuhnya.

BACA : Lacak Keberadaan Beruang Yang Serang Warga, BBKSDA Riau Turunkan Tim Pemburu

Sebelumnya, pada Jumat, 29 Maret 2018, warga Kempas Jaya dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya yang berada di permukiman.

Buaya dengan panjang 2 meter ini terlihat di bawah jembatan parit dekat dengan rumah warga. Lokasi penemuan buaya itu selama ini merupakan tempat anak bermain air.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga berhasil menangkap hewan predator itu. Setelah menangkapnya, buaya tersebut dibawa ke rumah Sadiman. (rsc/okz)

BACA : Misteri Percakapan Dengan Buaya yang Memangsa Temannya, Tuslam: Pulangkan Kepala Kawan Aku

Berita Lainnya

Index