• Follow Us On : 

Ribka Tjiptaning Tantang Menkes Nila F Moeloek Makan Parasit Cacing di Makarel


Redaksi | Sabtu,31 Maret 2018 - 22:51:47 WIB
Dibaca: 477 kali 
Ribka Tjiptaning Tantang Menkes Nila F Moeloek Makan Parasit Cacing di Makarel Anggota Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning. (Photo : Internet)

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning menantang Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) Nila F Moeloek mengkonsumsi cacing untuk meyakinkan masyarakat. Ribka sendiri mengaku ragu cacing punya kandungan zat yang menyehatkan. Ia juga tak yakin cacing bisa cepat mati.

Ribka menantang Menkes lantaran berpendapat cacing yang ditemukan dalam olahan ikan makarel kalengan tak berbahaya. Cacing di makarel kalengan dari puluhan merek yang disita BPOM itu, menurutnya Menkes mengandung protein dan akan mati setelah dimasak.

"Bu Menkes saja yang suruh makan cacing itu (di makarel kaleng), baru suruh rakyatnya. Jangan asal ngomong saja," ucap Ribka usai diskusi 'Berburu Suara Buruh di Tahun Politik' di Studio Kopi Sang Akar, Tebet Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (31/3/2018), dilansir Kumparan.

BACA JUGA : Beda Pendapat BPOM dengan Menkes Soal Parasit Cacing Pada Makarel Kaleng

Menurut Ribka, puluhan produk ikan makarel kaleng yang mengandung parasit cacing tersebut berbahaya bagi organ tubuh manusia. Pasalnya pengalengan ikan makarel yang dilakukan oleh prabrik sudah melalui beberapa kali proses sterilisasi, namun parasit cacing tersebut masih saja tepat hidup.
 
"Cacing itu kan parasit, itu tidak bisa gampang dimatikan, itu juga akan merongrong jantung, hati dan lain-lain. Yang di dalam kaleng itu berbahaya, dia sudah melalui proses beberapa kali sterilisasi tapi masih hidup," imbuh politikus PDIP itu. 

Ribka yang juga merupakan seorang dokter ini, meminta Menkes dan BPOM menuntaskan penarikan produk-produk makerel kalengan tersebut. Menurutnya hingga kini, masyarakat masih banyak menemukan produk tersebut di pasaran.

BACA JUGA : Sidak di Supermarket SN Jaya, BPOM Temukan Barang Kadaluarsa dan Obat Berlogo Biru

"Saya tadi malam di pasar Ciledug, itu di satu swalayan masih menemukan (produk ikan) makarel kalengan itu, masih dijual belum ada penarikan," ujar Ribka.

Adapun pendapat Nila soal cacing di makerel kalengan tak bermasalah itu, diutarakannya pada Kamis (29/3/2018) lalu di Gedung DPR. “Setahu saya itu kan enggak dimakan mentah, digoreng lagi, atau dimasak lagi, (tentu) cacingnya mati lah,” ucap Nila seraya menambahkan, “Cacing itu sebenarnya isinya protein, saya kira kalau sudah dimasak enggak jadi masalah,” imbuhnya. (rdk/kumparan)

BACA JUGA : BPOM Pekanbaru Sidak di Dumai, Cegah Peredaran Ikan Kaleng Bercacing


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Jumat,20 Juli 2018 - 14:46:38 WIB

Hadiri Komite Advokasi Daerah, Ini Harapan Kadin Inhil

PEKANBARU - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir, Edy Indra Kesuma sang

Jumat,20 Juli 2018 - 14:38:53 WIB

Kadin Inhil Ikuti Tindak Lanjut Komite Advokasi Daerah Anti Korupsi Riau

PEKANBARU - Dipimpin Edy Indra Kesuma, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Indragiri Hilir m

Kamis,19 Juli 2018 - 16:30:32 WIB

Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil Undang Seluruh Anggota DPRD Hadiri Vision Workshop

Tembilahan - Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Inhil mengundang seluruh anggota Dewan Perwakilan Rak

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI