Sempat Viral di Medsos, Daging Beruang Madu yang Dibunuh Dibagikan ke Warga

Sempat Viral di Medsos, Daging Beruang Madu yang Dibunuh Dibagikan ke Warga
Barang bukti kulit beruang.

TEMBILAHAN - Empat ekor beruang madu terjerat perangkap babi yang dipasang oleh warga Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau disembelih dan dagingnya dibagi-bagikan kepada warga.

"Beruang madu tersebut dipotong-potong dan dagingnya dibagi-bagikan untuk dikonsumsi," kata Kasat Reskrim Polres Inhil, AKP M Adhi Makayasa saat jumpa pers. Senin (2/4/2018) malam.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa itu berawal dari informasi dari Bareskrim Polri tentang adanya sebuah video penangkapan dan pembunuhan beruang madu yang diduga terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan yang dilakukan oleh Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir, dipimpin oleh Kasat Reskrim bekerjasama dengan Polhut dan BKSDA.

Baca Juga : Sempat Viral Di Medsos, Pembunuh Empat Beruang Madu Di Inhil Ditangkap

"Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa kejadian tersebut memang benar adanya. Tim gabungan berhasil menangkap 4 orang yang berinisial masing-masing berinisial FS (33) pekerjaan Petani, warga Parit 10 Desa Mumpa Kecamatan Tempuling, JS (51) pekerjaan Petani, warga Desa Karya Tunas Jaya Kecamatan Tempuling, GS (34) pekerjaan petani, warga Parit 1 Desa Mumpa Kecamatan Tempuling, dan JPDS (39) pekerjaan petani, warga Desa Karya Tunas Jaya Kecamatan Tempuling," ujarnya Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Christian Rony Putra. 

"Dari mereka, disita barang bukti berupa kulit beruang madu, daging dan empedu beruang madu serta tali nylon yang digunakan untul menjerat hewan liar tersebut," tuturnya.

Terhadap para terduga pelaku, akan dikenakan UU 5/1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan sanksi adalah pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00 .

"Kasus ini akan terus dikembangkan untuk menentukan peran dari masing masing terduga pelaku," tutup Kapolres mengakhir konfrensi pers. (Rahadi)

#Polres Inhil

Index

Berita Lainnya

Index